ANALISIS LEARNING OBSTACLE SISWA PADA MATERI SEGITIGA AKIBAT PANDEMI COVID-19 DI MTs BIDAYATUL HIDAYAH T.P 2020/2021

Adinda Kinanti, Dedy Juliandri Panjaitan

Abstract


Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu banyak hambatan-hambatan yang siswa alami dalam proses pembelajaran materi bangun datar segitiga akibat pandemi covid-19. Learning obstacle siswa pada materi bangun datar segitiga akibat pandemi covid-19 mencakup pada tiga indikator dalam penelitian. Learning obstacle yang dialami siswa meliputi ontogenic obstacle yaitu hambatan yang terjadi karena kurang kesiapan siswa yang dalam menerima sebuah materi bangun datar segitiga yang dilakukan secara daring. Epistemologi obstacle yaitu hambatan karena keterbatasan pemahaman siswa tentang materi bangun datar segitiga, akibat pandemi covid-19 sekolah membuat pertemuan tatap muka yang sedikit antara guru dan siswa sehingga siswa tidak memahami langkah-langkah yang diberikan oleh guru, siswa juga sulit memahami bentuk soal keliling dan luas segitiga bahkan siswa merasa terbebani dengan tugas-tugas yang diberikan oleh guru terlalu banyak. Learning obstacle siswa akibat faktor eksternal bahwa sebagian siswa tidak mendapat dukungan dari orangtua bahkan siswa juga tidak memberikan fasilitas yang baik kepada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui learning obstacle yang dialami oleh siswa pada materi bangun datar segitiga akibat pandemi covid-19 di MTs Bidayatul Hidayah T.P 2020/2021. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam hasil uji validitas memperoleh nilai rhitung adalah 0,367. Hasil rhitung kemudian dikonsultasikan dengan nilai Cronbach’s Alpha yaitu 0,929. Berarti sesuai dengan kriteria penilaian bahwa rhitung>rtabel.

Kata Kunci : Learning Obstacle Siswa, Materi Bangun Datar Segitiga, Pandemi Covid-19

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ariyanti. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bertransaksi Di Bank Syariah Surakarta. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Apriyanto,M,T., Herlina,L. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan.DOI:http://journal.ummat.ac.id/in dex.php/paedagoria. Prefix

Ardiyati, R. (2016) Analisis Kesulitan Mempelajari Materi Limit Fungsi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Kasihan 2013/2014. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 5(8).

Damayanti,R.N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Dyscaculia Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Bulat. (Skripsi). FKIP, Universitas Pancasakti Tegal.

Ernasari, T. (2016). Desain Didaktis Materi Jenis Dan Besar Sudut Berdasarkan Learning Obstacle Pada Buku Paket Teks Matematika Kelas III Sekolah Dasar Di Kota Serang. (Skripsi). UPI Bandung.

Gias, A. (2014).Kefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatifmatematis Siswa Kelas VII Materi Segitiga. (Skripsi). FMIPA, Negeri Semarang.

Hanafi. (2015). Desain Didaktis Pembelajaran Matematika Untuk Mengatasi Hambatan Epistimologi pada Konsep Limit Funsi Aljabar. (Skripsi). UIN Sunan Ampel Surabaya.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Huzaimah,Z.P, Amelia,R. (2021) Hambatan Yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika.

Isnani, D. (2020). Kesulitan Siswa Kelas VIII Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Di Smp Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2019//2020. (Skripsi). IAIN Salatiga.

Maria,P.G. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran MAtematika Pada Topik Segitiga Dengan Paradigma Pedagogik Reflektif Di Kelas VII SMP Negeri 1 Yogyakarta. (Skripsi). FKIP, Sanata Dharma Yogyakarta.

Muliawati, N. (2019). Learning Obstacle Terkait Konsep Bangun Datar Segiempat: Sebuah Studi Fenomenologi Hermeneutik. (Tesis). Universitas Pendidikan Indonesia.

Nasution,L,J. (2019). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Pada Kurikulum 2013 Kelas IV SD Negeri 101871 Sidodadi Batang Kuis. (Skripsi). FKIP, Universitas Negeri Sumatera Utara.

Rahayu, N. (2015). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 3 Sentolo. (Skripsi). Universitas PGRI Yogyakarta.

Sena,B.W. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Materi Statitika Mata Pelajaran Matematika Pada MTs Negeri Di Grobogan. (Skripsi). UIN Salatiga.

Sukirno,S. & Ramadhani, D. (2016). Analisis Learning Obstacle Dalam Pembelajaran Pemecahan Masalah Penjumlahan Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal ilmu-ilmu sejarah, sosial, budaya dan kependidikan.

Tarigan,R,M,R. (2019). Pengaruh Sarana dan Prasarana Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Kec. Tiga Binanga Tahun Ajaran 2018/2019. (Skripsi). Universitas Quality.

Ulfa, N. (2019). Analisis Hambatan Belajar Dan Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Lingkaran Yang Dilakukan Oleh Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Kastolan,S-1. (Tesis). Universitas Pendidikan Indonesia.

Varera, L. (2018). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Tekstil Kelas X Busana SMK Islam Moyudan. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.

Wahyuni, A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 10-23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.