PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI BAHAN AJAR DARING MENGGUNAKAN EDMODO DI SMA HARAPAN MEDAN

Hetty Elfina, Ardi Ardi

Abstract


Abstrak: Matematika adalah salah pelajaran yang wajib dipelajari oleh siswa dari sekolah dasar hingga sekolah tinggi. Pembelajaran dilakukan dengan tatap muka antara guru dan siswa. Namun, kini berubah sejak adanya COVID-19 pada bulan Maret 2020. Proses pembelajaran dilaksanakan jarak jauh dengan menggunakan berbagai media yang mendukung pembelajaran online, salah satunya adalah Edmodo. Melalui Edmodo, guru diharapkan dapat membuat bahan ajar yang menarik untuk siswa, salah satunya dengan membuat Lembar Kerja Siswa (LKS). LKS dapat menjadi panduan untuk latihan pengembangan aspek kognitif maupun panduan untuk pengembangan semua aspek pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang valid, praktis, dan efektif melalui pembelajaran berbasis kontekstual sebagai bahan ajar daring menggunakan media Edmodo di SMA Harapan Medan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni pengembangan LKS berbasis kontekstual dengan mengacu pada model 4-D yaitu pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Temuan hasil penelitian diperoleh LKS telah memenuhi kriteria valid dan kepraktisan LKS disimpulkan berdasarkan pendapat ahli yang menyatakan LKS dapat digunakan dengan sedikit revisi dan respon siswa yang positif terhadap LKS. Keefektifan LKS berdasarkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada uji coba I sebesar 85,3% dan uji coba II sebesar 90%

 

Kata-kata kunci: Lembar Kerja Siswa ; Kontekstual ; Edmodo


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bakti, Haryonik. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Lembar Siswa dengan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Matematika dan Pembelajaran Volume 6 No. 1, June 2018. (p) 41-55.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia. (p) 267-280.

Marlina, Iriani. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Reciprocal Teaching Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Jambi. Prosiding Semirata Universita

Oktaviani, dkk. 2020. Penerapan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Pada Pembelajaran Daring Saat Pandemi COVID-19 (Ditinjau dari Persepsi Sswa). Jurnal Ikatan Alumni PGSD UNARS, Volume 8 No. 1, Juni 2020. (p) 69-70.

Sari, Ompusunggu. 2019. Efektifitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Curere Volume 3 No. 2, Oktober 2019. (p) 60-61.

Pitadjeng. 2015. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Yogyakarta : Graha Ilmu. (p) 3

Rohaeti, dkk. 2018. Pembelajaran Inovatif Matematika Bernuansa Pendidikan Nilai dan Karakter. Bandung : Refika. (p) 234-237.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.