ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL DITINJAU DARI KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP

Buyung Buyung

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan spasial matematis siswa ditinjau dari konsentrasi belajar pada materi kubus dan balok dan faktor yang mempengaruhi kemampuan spasial yang ditinjau dari konsentrasi belajar. Metode penelitian ini merupakan penelitian  deskriptif kualitatif . Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 12 Singkawang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berdasarkan angket konsentrasi belajar, tes kemampuan spasial matematis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Kemampuan spasial dengan konsentrasi tinggi yaitu, siswa mampu mengerjakan soal yang diberikan dan siswa lebih berkonsentrasi terhadap pelajaran, dari hasil analisis yang dilakukan siswa yang memiliki kemampuan spasial dengan kosentrasi tinggi berada pada kategori tinggi. Kemampuan spasial dengan kosentrasi sedang yaitu, siswa masih banyak yang tidak dapat mencapai skor maksimal pada setiap indikator, terutama pada indikator mengidentifikasi dan mengklasifikasikan gambar geometri dan menginvestigasi suatu objek geometri, siswa juga tidak melakukan pengecekan ulang terhadap kebenaran jawaban mereka, dari hasil analisis yang dilakukan siswa yang memiliki kemampuan spasial dengan konsentrasi sedang berada pada kategori rendah. Kemampuan spasial dengan kosentrasi rendah yaitu, banyak sekali siswa yang melakukan kesalahan pada setiap indikator bahkan ada yang tidak menjawab soal yang diberikan, dari hasil analisis yang dilakukan kemampuan spasial dengan konsentrasi rendah berada pada kategori rendah. Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu antara lain: 1) Sering mengantuk, 2)Terganggu dengan lingkungan sekitar, 3) Siswa masih kesulitan dalam memahami soal, 4) Siswa tidak fokus terhadap pelajaran, 5) Daya  ingat siswa kurang, 6) Siswa tidak mengerti dengan soal yang diberikan. Jadi dari hasil penelitian didapat bahwa siswa yang memiliki kemampuan spasial berdasarkan konsentrasi tinggi berada di kategori tinggi sedangkan kemampuan spasial dengan konsentrasi sedang dan rendah berada pada kategori rendah.

 

Kata-kata kunci: Kemampuan spasial matematis, konsentrasi belajar, kubus dan balok.

 


Full Text:

PDF

References


TAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Astuti, Ririn Novia, Sugiatno dan Bistari. (2016). Kemampuan Penelaran Spasial Matematis Siswa Dalam Geometri Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa. Volume 5 Nomor 10, Juni 2016

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Aviana, Ria, Fitria Fatichatul Hidayah. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Batang. JPS (Jurnal Pendidikan Sains), Volume 3 Nomor 1, Maret 2015

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Buyung dan Dwijanto. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematis melalui Pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Scaffolding. UJMER, 6(1), 112 -119

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Faradhila, N., Sujadi, I., dan Kuswardi, Y. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Materi Pokok Luas Permukaan Serta Volume Primas dan Limas Ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, Volume 1 Nomor 1, Maret 2013

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Ghufron, Muh. (2017). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Hanik, Asti Noor. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pengolahan Makanan Kontinental Siswa Kelas Xi Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Wonosari. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Hakim, Thursan. (2002). Mengatasi Gangguan Konsentrasi. Jakarta: Puspa Swara

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Lestari, Kurnia Eka dan Yudhanegara, Mohammad Ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Mulyadi. (2015). “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman’s Error Analysis ( NEA) Ditinjau Dari Kemampuan Spasial.” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 3 (4), 370-382

Nawawi, Hadari. (2015). Metode Penelitian di Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nugroho, Novi Prasetyo. (2017). Analisis Kemampuan Spasial Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Sawit Dalam Menyelesaikan Soal Materi Segiempat Berdasarkan Level Berpikir Van Hiele. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Prihatiningtyas, Nindy Citroresmi dan Nurhayati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 13-18.

Rahmayani, Desy. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsentrasi Belajar. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Ristontowi. (2013). Kemampuan Spasial Siswa Melalui Pende-katan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dengan Media Geogebra. In Prosiding seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Diselenggarakan di Universitas Pendidikan Matematika FMIPA UNY. 9 November 2013, (hal 978-979). Diakses dari https://eprints.uny.ac.id/107871/1/P%20-%2064.pdf.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Uno, Hamzah B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Nababan, S. A. (2018). PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN RME TERINTEGRASI ICT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Wahono, T K. (2014). Kecerdasan Visual Spasial Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Geometri Ruang ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (Online), Volume 3 Nomor 1

Yulia, Putri dan Navia, Yati. (2017). Hubungan Disiplin Belajar dan Konsentrasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pythagoras, 6(2), 100-105


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.