EFEKTIVITAS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM UMN AL-WASHLIYAH : KASUS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Wenny Sri Mahyuni, Hidayat Hidayat

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari Learning Management System UMN Al-Washliyah khususnya untuk Program Studi Pendidikan Matematika yang digunakan sebagai media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa kelas V-A dan dosen Pendidikan Matematika, sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen utama (pedoman wawancara dan dokumentasi) dan pendukung (lembar observasi dan wawancara). Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa observasi, wawancara dan  dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Learning Management System UMN Al-Washliyah sangat membantu dan memudahkan dosen serta mahasiswa dalam proses pembelajaran. Namun jika dilihat dari berbaga kendala yang dialami selama proses pembelajaran yang dilakukan secara online maka dapat dikatakan bahwa Learning Management System tersebut masih kurang efektif digunakan sebagai media pembelajaran dan masih harus dilakukan penyesuaian sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan terutama untuk Program Studi Pendidikan Matematika.

Kata Kunci         : Efektivitas, Learning Management System, Pendidikan Matematika


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dewi, N. P., & Agustika, G. N. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan PMRI Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. 204-214.

Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Journal of Information System, Informatics and Computing.

Herdiyana, A. (2016). optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran PAUD. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 1-12.

Laylatul, L., Farida, & Muhamad, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning.

Lidia Simanihuruk, J. S. (2019). E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya . Yayasan Kita Menulis.

Meryansumayeka, Viergiawan, M. D., & Marlini, S. (2018). Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Kreator Pada Mata Kuliah Belajar Dan Pembelajaran Matematika . Jurnal Pendidikan Matematika, 29-42.

Mulyadi, B. (2017). Pengembangan E-Learrning Pada Standar Kompetensi Mengoprasikan aplikasi Perangkat Lunak Di SMK Negeri 7 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nugraha, S. H., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian.

Puspitasari, L. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posting Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kampak Trenggalek Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014. Intitut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Putri, D. D. (2018). Pengembangan Learning Management System Menggunakan Framwork Godeigniter dan Angularjs Di Pt. XYZ. Jurnal Sistem Informasi.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY.

Rosmita. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring (Studi Kasus Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Tanjung Jabung Timur Tahun 2019/2020. Jambi.

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Nababan, S. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil belajar Matematika Siswa SD Negeri Aceh Barat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Nababan, S. A. (2018). PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN RME TERINTEGRASI ICT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Nababan, S. A. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA SD NEGERI GUNONG KLENG. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).

Saadah, L. (2019). Efektivitas Model pembelajaran Snowball Throwing dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran Siswa Kelas VIII MTS Negeri Salatiga tahun Pelajaran 2018/2019. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Supuwiningsih, N. N. (2021). e-Learning pembelajaran Abad 21 dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.