ANALISIS PENALARAN ANALOGI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PYTHAGORAS PADA SISWA SMP KELAS VIII

Nurul Fatimah, Adi Ihsan Imami

Abstract


  1. Abstrak.  Kurangnya penalaran analogi siswa dalam menyelesaikan masalah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Atap Pebayuran menjadi latar belakang penelitian ini. Sehingga penelitian ini ditujukan untuk menganalisis penalaran analogi siswa di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran analogi peserta didik SMP, materi yang digunakan adalah Phytagoras. Seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Atap Pebayuran menjadi populasi dalam penelitian, dengan sampel sebanyak 34 siswa. Data penalaran analogi siswa diperoleh dari tes yang diberikan kepada siswa yang kemudian di analisis.

 

Kata Kunci: Analisis, Penalaran Analogi, Pythagoras


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Sumartini, T.S (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5 No. 1

Rahayu, Ratri. 2016. Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa SD Melalui Penilaian Produk Pada Pembelajaran Mind Mapping:Jurnal Konseling Gusjigang, 2 (1) 97 – 103.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Isoda, M. & Katagiri, S. (2012). Mathematical thingking how to develop it in classroom. Singapore: World Scientific.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Agustin, Dwi R.2016. Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving.Jurnal Pedagogia,ISSN 2089-3833,Volume. 5, No.2,. umsida.ac.id, DOI: 10.21070/pedagogia.v5i2.249

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Mofidi, somayeh amir. (2012). Instruction of Mathematical Concepts Through Analogical Reasoning Skills. Indian Journal of Science and Tecnology, 5(6).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.