PENGEMBANGAN MATERI AJAR BERBASIS (ICT) DENGAN MEMAKAI LINKTREE PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMPS ISLAM ANNUR PRIMA DI MASA PANDEMI COVID 19

Nuzirwan Nuzirwan, Madyunus Salayan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini mempunyai dua tujuan yakni mengembangkan produk berupa materi ajar dengan memakai Linktree pada materi aritmatika sosial yang bisa dipakai sebagai alternatif media dalam memberikan pembelajaran matematika dimasa pandemi covid 19. Serta melihat kelayakan, jawaban pengajar serta murid terhadap produk yang di kembangkan. Teknik yang dipakai pada penelitian ini memakai metode Development & Research yang berpacu di salah satu model yakni Borg and Gall yang sudah di modifikasi oleh Sugiyono yang mencangkup enam tahapan : 1) Potensi Masalah, 2) Desain Produk, 3) Mengumpulkan Data, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk. Hasil penelitian pengembagan ini menghasilkan satu link materi ajar  dengan kelayakan ditinjau dari hasil rata-rata keseluruhan penilaian validasi oleh ahli media, ahli materi, penilaian jawaban pengajar matematika, uji coba kelompok kecil serta uji coba kelompok besar lapangan terbatas dengan memperoleh total rata-rata skor sebanyak  4,38 dan total rata-rata persentase sebanyak  87,89% yang termasuk di golongan “sangat pantas atau sangat bagus”. Sehingga dari hasil penelitian bisa di simpulkan bahwa produk materi ajar berbasis ICT dengan memakai Linktree sangat layak dipakai dan bisa menjadi alternatif media yang bisa membagikan materi ajar aritmatika sosial di SMPS Islam Annur Prima kelas VII di masa pandemi covid 19 pada saat ini.

.

Kata-kata kunci: Materi Ajar, Pengembangan, Communication Technology And Information (ICT), Aritmatika Sosial , Linktree.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html

Apriansyah, M. F., & Pujiastuti, H. (2020). J urnal Pendidikan Matematika. 11(2), 179–188.

Elvisa, G. O. (2017). Pengembangan Media Lecture Maker pada Pembelajaran Fisika di MTsN 6 Padang. 546–554.

Gitriani, R., Aisah, S., Hendriana, H., & Herdiman, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 40–48. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.40-48

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Herayanti, L., Fuaddunnazmi, M., & Habibi, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 205. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.260

Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Ilmiah 2020. Indonesion Journal of Sport Science and Coaching, 0(1), 46–55. https://online-journal.unja.ac.id/IJSSC/article/view/9847

Komariah, N., Manajamen, D., Islam, P., Islmu, F., Islam, A., Indragiri, U. I., Belakang, A. L., & Information, P. (n.d.). Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran berbasis ict.

Maharani, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Operasi Bilangan Real Smk Teknologi & Rekayasa. Teorema, 2(1),1. https://doi.org/10.25157/.v2i1.571

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Munandar, A., & Rizki, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Komputer Menggunakan Flipbook Maker Disertai Nilai Islam Pada Materi Peluang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 262–269. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1957

Nugroho, T. A. (n.d.). Pengembangan Bahan Ajar E-Learning Berbasis Edmodo Pada Materi Peluang. 1152–1164.

Pertiwi,N (2020). Pengembangan Bahan Ajar Information and Communication Technology (ICT) dengan Menggunakan LINK.TREE pada Materi Statistik Kelas X SMK IMELDA Skripsi. Tidak dipublikasikan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Rembulan, A., Wahyu, R., & Putra, Y. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 84–98.

Riduwan.2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Rulviana, V. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Ict. Prosiding Seminar Nasional PBSI UPY 2019, 1(1), 161–164.

Septian, R., Irianto, S., Andriani, A., & Purwokerto, U. M. (2019). Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics. 5(1), 59–67.

Sugiyono.2017.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY.

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.