PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PENDAHULUAN SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN THINK PAIR SHARE DI SMP SABILINA

Yuyun Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diajar model pembelajaran STAD dengan model pembelajaran TPS, (2) interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Sabilina, kemudian dipilih dua kelas dari 12 kelas. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diajar model pembelajaran STAD dengan model pembelajaran TPS, dimana penerapan model pembelajaran STAD lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran TPS untuk kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.

 

Kata Kunci:        Model Pembelajaran STAD, Model Pembelajaran TPS, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitriana, L. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation (GI) Dan STAD Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjsu Dari Kemandirian Belajar Siswa. ISBN: 978-979-16353-6-3. Yogyakarta: Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

http://ejournal.unesa.ac.id/article/2362/30/article.pdf.

Huda, M. 2014. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hudojo, Herman, 1988, Mengajar Belajar Matematika. Jakarta.

Husna, dan Ikhsan. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jurnal Peluang. Volume 1 Nomor 2. ISSN: 2302-5158.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jainab, Siti. 2014. Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika. ISSN 2355-0473 Volume 1. Bandung:PPs-STKIP Siliwangi.

Kantowski, M.G. (1981). Problem Solving. Dalam Elizabeth Fennema (Editor) Mathematics Education Research, Implications For 80’s. Virginia: Association For Supervision And Curriculum Development.

Lie, A. 2004. Cooperative Learning. Jakarta. Grasindo.

Marlina dkk. 2014. “ Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think- Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Disposisi Matematis Siswa di SMA Negeri 1 Bireun”. ISSN: 2355-4185. Jurnal Didaktik Matematika Vol 1 No. 1. 83 -95.

Marlina. 2015. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Self Efficacy Siswa SMP Dengan Menggunakan Pendekatan Diskursif. Jurnal Didaktik Matematika. ISSN : 2355-4185. 1(1). 44.

Moma, La. 2014. Peningkatan Self Efficacy Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Generatif. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Pattimura.

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Mukhid, A. 2009. Self Efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan). Jurnal Tadris Volume 4 Nomor 1 Tahun 2009.

Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

National Council Of Teachers Of Mathematics. 2000. Principles And Evaluation Standart For School Mathematics. Reston, VA : NCTM.

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Nugrahaningsih, theresia. 2011. Profil metakognisi siswa kelas akselerasi dan non akselerasi SMA dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari perbedaan gender. Disertasi pascasarjana program studi matematika UNESA. Tersedia pada: http://ejournal.unesa.ac.id/article/2362/30/article.pdf.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Nurdin, Endarwati. 2012. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Universitas Pendidikan Indonesia. Tersedia Pada:

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Ong Eng Tek. 1999. The Effect of Cooperative Learning on the Mathematics Achievement of Form 4 Students in A Malaysian Secondary School, Journal of Science and Mathematics Education in South East Asia Vol.XXI No.2

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Rahmadhani. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Untuk Anak Tunagrahita Ringan Dalam Bidang Berhitung. Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/15170/4/S_KOM_1005117_chapter1.pdf.

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Somakim. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Self Efficacy Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Dengan Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik. Disertasi Tidak Dipublikasikan. Bandung: Program Pasca Sarjana UPI Bandung.Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.