EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI MTs. SWASTA NURUL AMALIYAH TANJUNG MORAWA

Weny Tri Agustini, Madyunus Salayan

Abstract


Abstrak

 

Permasalahan  pembelajaran daring yang  dihadapi siswa selama pandemic covid-19, menyebabkan pelaksanaan pembelajaran daring menjadi kurang efektif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika di MTs. Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Penelitian ini menggunakan jenis desain penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 MTs.Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kusioner angket yang berisikan pertanyaan respon siswa terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika.  Hasil Penelitian menunjukkan dari hasil perhitungan persentase respon siswa terhadap pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika adalah 52,91%  dengan kriteria kualifikasi“kurang efektif”. Hal ini terjadi karena siswa tidak termotivasi mengikuti pembelajaran daring, dan pada saat pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika masih banyak permasalahan yang dihadapi siswa diantaranya tidak semua siswa mempunyai handphone (hp) untuk melaksanakan pembelajaran daring, kuota internet yang terbatas, jaringan internet yang kurang stabil, dan siswa sulit untuk memahami materi pada mata pelajaran matematika. Maka dari berbagai permasalahan yang dihadapi siswa selama pembelajaran daring, hal inilah yang menjadi pelaksanaan pembelajaran daring menjadi kurang efektif.

Kata kunci : Efektivitas, Pembelajaran daring, Mata Pelajaran Matematika


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Futriani Hidayah, A. A., Adawiyah, R. A., & Rizqi Mahanani, P. A. (2020, September). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, 21(2), 53-56.

Hudoyo, H. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/13646

Mustami, S. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Whatssapp Group terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Tegal: Skripsi : Universitas Pancasakti Tegal.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Magister Teknik Elektro Universitas Mercu Buana, 1-7.

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Rujakat, A. (2018). Pendekatan penelitian Kualitatif (Qualitatif Research Kualitatif). Yogyakarta: www.penerbitdeepublish.com

Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, (pp. 122-125). Makasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.