PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBASIS GEOGEBRA PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Susiarni Ndraha, Hidayat Hidayat

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1)mengembangkan produk media pembelajaran geometri berbasis geogebra materi geometri transformasi berupa rancangan, (2)untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran geometri berbasis geogebra materi geometri transformasi pada tingkat sekolah menengah pertama. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan menurut Thiagarajan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D (Define, Design, Development) yang dikombinasikan dengan metode penelitian metode penelitian R&D (Research and Development),yakni sebuah penelitian yang bermuara pada pengembangan produk media pembelajaran geometri berbasis geogebra berupa rancangan.Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini yakni sebuah Buku Panduan pembuatan media pembelajaran berbasis Geogebra materi geometri transformasi pada tingkat Sekolah Menengah Pertama. Subjek penelitian adalah 3 guru matematika pada tingkat sekolah menengah pertama dan 3 dosen pendidikan matematika Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan. Data yang dikumpulkan berupa angket kelayakan media pembelajaran ahli media dan ahli materi. Hasil kelayakan produk media pembelajaran geometri berbasis geogebra yang diperoleh dari ahli media menurut aspek rekayasa perangkat lunak 95%, aspek kelayakan kegrafikan 90,5%, aspek kelayakan bahasa 92,8% dan aspek komunikasi visual 86,1% dan ahli materi menurut aspek kelayakan isi 97,3%, aspek kelayakan bahasa 95,2%, dan aspek kelayakan penyajian 94,2% dengan kriteria sangat layak.

Kata-kata kunci: Media Pembelajaran, Software Geogebra, 4D, Geometri Transformasi


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Mahmudi, Ali. (2011). Membelajarkan Geometri dengan Program GeoGebra.Jurnal. Pendidikan Matematika FMIPA Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Dapat diakses dari: http://eprints.uny.ac.id/10483/1/P6-Ali%20M.pdf

Mahmud, Ali. (2013). Strategi Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika. Prociding Seminar Nasional Pendidikan, Penelitian dan Penerapan MIPA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Dapat diunduh dari: http://staffnew.uny.ac.id/upload/132240454/penelitian/29%20Turnitin_Semnas_UNY_2013_Metakognitif_Pembelajaran_Mat_ali_mahmudi.pdf

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Marhadini, SAK., dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Gerak Parabola untuk Siswa SMA: Unnes Physics Education Journal Dapat diunduh dari: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/19315

Saputro, B. A., Prayito, M., & Nursyahidah, F. (2015).Media Pembelajaran Geometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Geogebra. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 34-39. Dapat diunduh

dari: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/3757

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Hidayat, H., Sukmawarti, S., & Suwanto, S. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), e14910312823-e14910312823. Dapat diunduh dari : https://rsdjournal.org/index.php/rsd/article/view/12823

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Syaripuddin.(2010). Analisis Kesulitan Guru Matematika Dalam Melaksanakan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ciseeng Bogor.Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/5674/1/Syaripudin-FD


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.