ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL VISUALIZATION SISWA PADA MATERI GEOMETRI TRANSFORMASI MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM DI SMA PERSIAPAN STABAT T.P.2020/2021

Delima Sani Parangin-angin, Siti Khayroiyah

Abstract


Kemampuan spasial visualization haruslah dimiliki setiap siswa pada pembelajaran matematika. Unsur spasial terdapat dalam geometri. Masih banyak siswa mengalami kesulitan  mentransformasi objek geometri. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan spasial visualization siswa menggunakan aplikasi zoom. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini siswa kelas XI SMA Persiapan Stabat tahun 2020/2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa dengan kategori kemampuan matematika tinggi mampu memenuhi indikator kemampuan spasial visualization (2) siswa dengan tingkat kategori kemampuan matematika sedang hanya mampu memenuhi beberapa indikator spasial visualization (3) siswa dengan kemampuan matematika rendah belum mampu  memenuhi beberapa indikator spasial visualization dan masih mengalami kesulitan (4) persentase kesalahan siswa pada pemecahan masalah soal translasi sebesar 66.66% dalam kategori tinggi , rotasi sebesar 0 % dalam kategori sangat rendah, refleksi sebesar 0% dalam kategori sangat rendah, dilatasi sebesar 83,33% dalam kategori sangat tinggi. 

                          

 

Kata kunci : Spasial Visualization, geometri transformasi dan aplikasi zoom.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adirakasiwi, A. G., & Warmi, A. (2018, Juni). Penggunaan Software CAbri 3D Dalam Pembelajaran Matematika Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Visualisasi Spasial Matematis Siswa. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 3, 28-35.

Alimuddin, H., & MS, A. T. (2020). Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Ditinjau Dari Perbedaan Gender. ALFAmath, xx, 23-35.

Anyar. (2019, July). Jogloabang UU 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved from jogloabang.com: https://www.jogloabang.com/pustaka/uu-20-2003-sistem-pendidikan-nasional

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Asis, M., Arsyad, N., & Alimuddin. (2015, Maret 1). Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Daya Matematis, 3, 78-87.

Hafizin, M. A., Tendri, M., & Kusumawati, N. I. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL SISWA PADA GEOMETRI KUBUS DAN BALOK DI KELAS IX SMP NEGERI 03 PULAU BERINGIN. Nabla Dewantara Jurnal Pendidikan Matematika, III, 60-65.

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020, Agustus ). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5, 51-56.

Hidayatullah , S., Khouroh, U., Windhyastiti, I., Pattalo, R. G., & Waris, A. (2020). Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone And McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Managemen Informatika, 6, 44-52.

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Kusuma, J. W., & Hamidah. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsap Group dan Webinar ZoomDalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5, 97-106.

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020, December). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Jurnal UNNES, 136-142. doi:http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v11i2.25029

Mustakim. (2020, May). Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Vandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Jurnal of Islamic Education, 2, 1-12.

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Nur'azizah, Toheri, & Haqq, A. A. (2019). Reduksi Hambatan Belajar melalui Desain Didaktis Konsep Transformasi Geometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3, 117-127.

Oktawirawan, D. H. (2020, July). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. JIUBJ, 541-544. doi:10.33087/jiubj.v20i2.932

Prof.Dr. Sugiyono. (2018). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (20 ed.). Bandung: ALFABETA. Retrieved from www.cvalfabeta.com

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Saputra, H. (2018, Agustus). KEMAMPUAN SPASIAl MATEMATIS. ResearchGate. doi:10.17605/OSF.IO/JFWST

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Sma Negeri 6 Padangsidimpuan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Berbantuan Autograph (Doctoral dissertation, UNIMED).

Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Sudirman, & Alghadari, F. (2020). Bagaimana Mengembangkan Kemampuan Spasial dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah?: Suatu Tinjauan Literatur. Journal of Instructional Mathematics, 1, 60-72. doi:10.37640/jim.v1i2.370

Sugiarni, R., Alghifari, E., & Ifanda, A. R. (2018, April). Meningkatkan Kemampuan Spasial Matematis Siswa Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 93-102.

Sumarni, & Prayitno, A. T. (2016, September). Kemampuan Visual-Spatial Thinking Dalam Geometri Mahasiswa Univrsitas Kuningan. JES-MAT, 2, 81-100.

Syahputra, E. (2013, November). PENINGKATAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK. Cakrawala Pendidikan, 353-364.

Vebriana, E. (2015, Januari). PROFIL KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MENENGAH PERTAMA(SMP) DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI DIMENSI TIGA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. JURNAL ELEMEN, 1, 13-23


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.