PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP SWASTA SILINDAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Natalia Purba, Firmansyah Firmansyah

Abstract


Abstrak: Riset ini bertujuan buat mengenali pelaksanaan tata cara Outdoor Study dalam menambah dorongan belajar anak didik pada materi bangun ruang bagian datar di SMP Swasta Silindak. Kategori riset yang di gunakan pada riset ini adalah riset kuantitatif yang tercantum ke dalam quasi pengujian design. Popoulasi dalam riset ini merupakan semua anak didik kategori VIII SMP Swasta Silindak serta yang jadi ilustrasi penelitiannya ialah kategori VIIIA selaku kategori pengawasan dan kategori VIIIB sebagai kategori pengujian. Analisa yang dipakai untuk menganalisa informasi hasil dalam riset ini ialah memakai uji coba t pada informasi hasil angket. Bersumber pada hasil riset yang dicoba peneliti ini membuktikan jika pelaksanaan tata cara Outdoor Study dalam pembelajaran matematika spesialnya pada materi kubus serta balok bisa menaikkan dorongan belajar anak didik golongan VIII SMP Swasta Silindak. Perihal ini tampak dari penghasilan uji hipotesis nilai Sig 0, 04< 0, 05 yang berarti Ho ditolak serta Ha diperoleh.

 

Kata-kata kunci: Outdoor study, motivasi dan bangun ruang sisi datar.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Iskandar.(2008). Metodologi Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif Dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Loysiana, Arini. (2016). Jenjang Motivasi Belajar Sisiwa Study Deskriptif Pada Anak didik Kelas VI SD Maria Immaculata Cilacap Tahun Ajaran 2015/ 2016 Serta Implikasinya Terhadap Penyususnan tema Bimbingan Belajar. Skripsi Universitas Santa Dharma Yogyakarta. Tidak Dipublikasi.

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Oemar, H. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor- Faktor Yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Sudijono, A. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Perss.

Sudirman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Perss.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, Cv.

Uno, H. B. (2019). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Vera, A. (2012). Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Yogyakarta: Diva Press.

Wardani, Hindira. (2017). Penerapan Prosedur Outdoor Study Dalam Mengembangkan Dorongan Belajar Partisipan Didikan Kategori IV Pada Mata Pelajaran Matematika Di Perguruan Ibtidaiyah Negeri 10 Bandar Lampung. Badar Lampung. Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Tidak dipublikasi.

Widjaja, Friska Dona Saphani. (2013). dampak Pembelajaran Matematika di Luar Kelas( Outdoor Study) kepada Minat serta Prestasi Belajar Anak didik Pada Pokok Pembahasan Bangun Ruang Sisi Datar Kategori VII SMP Kanisius Pakem Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi Universitas Sanata Dharma Yogyakata. Tidak dipublikasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.