ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Maulanny Fably Sucipto, Dani Firmansyah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa SMP Negeri 4 Cibitung kelas VIII 1 pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Instrumen yang digunakan berupa instrumen non-tes menggunakan angket/kuesioner yang mencakup lima indikator minat belajar yaitu perasaan senang, ketertarikan siswa, keterlibatan siswa, rajin dalam belajar dan rajin mengerjakan tugas matematika, serta tekun dan disiplin dalam belajar dan memiliki jadwal belajar dengan 18 item pernyataan yaitu 9 pernyataan positif dan 9 pernyataan negatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa minat belajar siswa pada pembelajaran matematika masih tergolong rendah.

Kata-kata kunci: Pembelajaran Matematika, Minat Belajar, Matematika


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dores, O. J., Huda, F. A., & Rusita, R. (2019). Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Sirang Setambang Tahun Pelajaran 2018/2019. J-PIMat, 1, (1), 38-48.

Fatimah, S., Harlanu, M., & Primadiyono, Y. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Captive pada Microsoft Word untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Minat, dan Persepsi Siswa di SMA Negeri 1 Maos Cilacap. Edu ElektrikaJournal, 8, (1), 11-18.

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Indra, I. (2017). Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa SMP Negeri 2 Banda Aceh. Skripsi pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam - Banda Aceh.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1, (1), 21-32.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Malini, H., Sofiyan, & Putra, A. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 10 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Basic Education Studies, 2, (2), 10-22.

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY.

Putri, B. B., Arifin, M., & Yuliansyah, B. T. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5, (2), 68-74.

Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.