ANALISIS SELF EFFICACY MATEMATIKA SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19

Rini Ramadhani, Rizka Fahruza Siregar

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan di kelas X SMK Negeri 6 Medan pada tahun ajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP-3 sebanyak 36 orang dan objek dalam penelitian ini adalah angket self efficacy matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis self efficacy matematika siswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 dan faktor-faktor yang mengakibatkan self efficacy matematika siswa tinggi, sedang dan rendah selama pembelajaran daring. Secara deskriptif dapat disimpulkan bahwa self efficacy  matematik siswa pada kelompok tinggi terdapat 4 orang (11.11%), pada kelompok sedang  terdapat 27 orang siswa (75%), dan pada kelompok rendah terdapat 5 orang siswa (16,67%). Rata-rata  dan standard deviasi kemampuan self efficacy  matematika siswa masing-masing adalah 79,3 dan 12,12. Berdasarkan rata-rata setiap indikator nilai tertinggi adalah 3,41 yakni indikator tingkat kesulitan tugas (level) sedangkan rata-rata nilai terendah adalah 3,22 yakni derajat kemantapan, keyakinan atau pengharapan (strength). Untuk indikator luas bidang prilaku (generality) rata-rata nya 3,24. Yang artinya kemampuan seseorang menyelesaikan masalah  dengan  tingkatan  kesulitan berbeda.  Individu dengan self efficacy tinggi akan mempunyai keyakinan yang tinggi tentang kemampuan memecahkan masalah matematika yang sulit, sebaliknya individu yang memiliki self efficacy rendah akan memiliki keyakinan yang rendah pula tentang kemampuan dalam memecahkan masalah matematika yang dianggapnya sulit. Berdasarkan hasil analisis deskriptif terhadap self efficacy  matematika siswa  setelah pembelajaran daring menunjukan bahwa sebagian besar siswa memiliki self efficacy yang baik dalam belajar. Dengan demikian diharapkan sekolah tetap meningkatkan proses pembelajaran yang kreatif dan interaktif agar dapat meningkatkan Self efficacy siswa dalam belajar.

 

Kata-kata kunci: Self Efficacy Matematika, Pembelajaran daring, Covid-19


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bao, W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education: A case study of Peking University. Pedagogical Research, 5(4), 113-115. https://doi.org/10/1002/he2.191.

Bandura, A. (1993). Perceived self-efficacy in cognitive development and functioning. Educational Psychologist, 28, 117-148.

Damayanthi, A. (2020). Ektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. Jurnal Edutech 19(3), 189-209.

Handoyo. (2020). Wabah virus corona ancam 300 juta siswa. http:/Kontan.Co.Id.

Monika, M & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 109. file:///C:/Users/HP/Downloads/docume nt.pdf

Muhdi, & Nurkolis. (2021). Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 212–228. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535

Pekrun, R., Goetz, T., Frenzel, , A., Barchfeld, P., & Perry, R. (2011). Measuring emotions in students’ learning and performance: The achievement emotions questionnaire (AEQ). Contemporary Educational Psychology., 36 - 48

Putwain, D., Sander, P., & Larkin, D. (2013). Academic Self Efficacy in Study-related Skills and Behaviours : Relations with Learning Related Emotions and Academic Succes. British Journal of Educational Psychology, 633-650

Somakin. (2010). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Penggunaan Pendekatan Mateatika Realistik. Bandung: Program Pascasarjana UPI Bandung. http://www.repository.upi.edu

Suastikayasa, K. (2011). Self Efficacy Matematika Siswa. Online : http://dinastitamblang. blogspot.co.id/2013/05/self-efficacy-matematika-siswa.html.(16 Oktober 2020).

Taufik, A. (2019). Perspektif tentang perkembangan sistem pembelajaran jarak jauh di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 3(2), 88–98.

Taufik.net. (2010). Kelebihan Dan kekurangan. 1-7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.