ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI (COVID-19)

Rizka Fahruza Siregar, Rini Ramadhani

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendekripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa pada proses pembelajaran daring selama masa pandemi (covid 19). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X OTKP 2 SMK Negeri 6 Medan. Pelaksanaan pembelajaran daring dilaksanakan sebanyak 4 (empat) pertemuan. Kegiatan pengumpulan data pada penelitian ini yaitu mengumpulkan semua data yang dibutuhkan berupa tes dan angket kemampuan komunikasi matematis siswa. Penyajian data meliputi pendeskripsian hasil tes dan angket kemampuan komunikasi matematis siswa. Penarikan kesimpulan pada penelitian ini dilakukan dengan triangulasi. Deksripsi hasil rata-rata tes dan tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu hasil tes pretes sebesar 45,29 dan hasil postes sebesar 71,30. Dari nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa terjadi peningkatan sebesar 26,00. Rata-rata tiap indikator pretes dan postes kemampuan komunikasi matematis siswa menunjukan adanya peningkatan. Dimana pada indikator menggambar pada pretes 1,88 sedangkan pada postes 3,28; ekspresi pada pretes 1,87 sedangkan pada postes 2,66; pemahaman pada pretes 1,70 sedangkan pada postes 2,62. Secara keseluruhan rata-rata tiap indikator kemampuan komunikasi matematis siswa pada hasil postes 2,85 mengalami peningkatan lebih besar dari hasil pretes 1,81. Indikator kemampuan komunikasi matematis yang paling tinggi peningkatannnya adalah pada indikator menggambarkan, sedangkan indikator yang terendah peningkatannya pada indikator ekspresi. Deksripsi hasil tingkat angket respon kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh bahwa, siswa dengan berkemampuan “tinggi” memiliki proporsi tertinggi sebanyak 58.,33% berjumlah 21 siswa, kemudian diikuti siswa berkemampuan “sangat tinggi” sebanyak 22,22% dengan jumlah 8 siswa, lalu berkemampuan “sedang” sebanyak 19,44% dengan jumlah 7 siswa. Sehingga dapat disimpulkan dari 36 siswa tersebut tingkat angket respon kemampuan komunikasi matematis siswa berada pada kategori “tinggi”.

 

Kata-kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Daring, Covid-19


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, M. & Nasution, D.P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang III 92) (2018): 83-95

Ansari, B.I. (2018). Komunikasi Matematik Strategi dan Manajemen Belajar Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Pena.

Darkasyi, M, dkk.(2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan PembelajaranPendekatan Quantum Learning Pada Siswa SMP Negeri 15 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik matematika ISSN: 2355-4185.

Hosnan, M. (2014) Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ningsih, S. (2020). Implementasi pembelajaran Daring berbasis Edmodo pada mata Kuliah Evaluasi Program kepelatihan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan Volume Nomor 2.

Purba, Juliana, Maimunah & Roza Yenita. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun ruang Sisi Lengkung. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, Volume 5 Nomor 1 Tahun 2020.

Putria, H, dkk. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 02.

Sadikin, A & Afreni Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi ISSN 2460-2612 Volume 6 Nomor 02.

Sriwahyuni, T., Amelia, R., & maya, R. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. Volume 3 Nomor 1, April 2019.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R &D. bandung: Alfabeta.

Suharno, dkk. (2019). Pengaruh Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPSS) Terhadap Kemampuan Matematika Siswa SMP Negeri 1 Manggar. Jurnal Numeracy Volume 6 Nomor 6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.