ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL EKSPONEN BERDASARKAN TEORI BRODIE

Rhena Nurul Syariah, Haerudin Haerudin

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal eksponen.  dengan mendripsikan hasil jawaban siswa. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah 6 orang siswa yang dipilih dari 30 siswa kelas X IPS 3 yang telah mengengerjakan soal tes diagnostic. Enam orang tersebut terdiri dari dua orang dengan kemampuan matematika tinggi, dua orang dengan kemampuan matematika sedang, dan dua orang dengan kemampuan matematika rendah. Metode yang dilakukan untuk mendapatkan data adalah dengan melakukan tes dan wawancara. Dalam mengelompokan kesalahan yangdilakukan siswa yaitu dengan menggunakan empat kesalahan yang dikembangkan oleh Brodie. Emapat kesalahan tersebut diantaranya yaitu (1) basic error, (2) appropriate error, (3) missing information, dan (4) partial insight. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa subjek penelitian melakukan kesalahan appropriate error,  missing information, dan partial insight

 

Kata-kata kunci: Kesalahan Siswa, Teori Brodie, Eksponen


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, D., & Siregar, R. M. R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Siak Eksponen Melalui Pembelajaran Online di Masa Pandemi Kelas X SMA Swasta Tamansiswa Binjai. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 86-91.

Bray, J., & Sturman, C. (2001). Bluetooth: Connect without wires. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall

Forouzan, B.A., & Fegan, S.C. (2007). Data communications and networking (4th ed.). New York: McGraw-Hill

Isran, I. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Tes Kemampuan Berpikir Kritis Materi Fungsi Eksponen Dengan Panduan Kriteria Watson. (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA).

Maulid, S., Samparadja, H., & Sahidin, L. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Raha Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Eksponen dan Logaritma. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1), 155-168.

Nugrahani, Farida, and M. Hum. "Metode penelitian kualitatif." Solo: Cakra Books (2014).

Putri, A. P., Nursalam, N., & Sulasteri, S. (2014). Pengaruh Penguasaan Materi Prasyarat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sinjai Timur. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 2(1), 17-30.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Soeprianto, H. (2009). Penerapan Pembelajaran Nilai-nilai yang Terintegrasi Dalam Mata Pelajaran Matematika. Educatio, 4(2), 28-37.

Wahyuni, R., & Nurhadi, D. (2019). Tipe-Tipe Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematima Pada Aturan Eksponen dan Scaffoldingnya: Studi Kasus di SMKN 11 Malang. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal teknologi, Kejuruan dan Pengajarannya, 41(2), 173-186.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.