ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SAAT PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA SMP

Istiqomah Yahya, Attin Warmi

Abstract


 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian belajar matematika saat pandemi covid-19 pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif. Instumen yang digunakan adalah angket kemandirian belajar matematika Agnes Sri Handayani dan Iin Ariyanti pada tahun 2019 dengan judul penelitian “Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP Pada Saat Pandemi COVID-19”. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMPN di Kabupaten Bekasi. Subjek penelitian ini adalah 10 siswa kelas VIII. Analisis data pada penelitian ini dengan membuat tabulasi data dan menentukan presentase jawaban siswa, menentukan presentase rata-rata dan melakukan analisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh presentase rata-rata sebesar 24%, artinya hanya sebagian kecil siswa telah memiliki kemandirian belajar saat pandemi COVID-19.

Kata-kata kunci: kemandirian belajar, covid 19, pembelajaran daring


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Fitriana, S., Ihsan, H., & Annas, S. (2015). Pengaruh efikasi diri, aktivitas, kemandirian belajar dan kemampuan berpikir logis terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas viii smp. 1(September), 86–101.

Handayani, A. S., & Ariyanti, I. (2020). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Smp Disaat Pandemi Covid-19. UrbanGreen Conference Proceeding ….

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., Ramadhan, H., Rawamangun, J., Raya, M., Rw, R. T., Gadung, K. P., & Timur, K. J. (2020). KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID -19 Program Studi Bimbingan dan Konseling , Universitas Negeri Jakarta SELF-REGULATED LEARNING OF STUDENTS STUDYING ONLINE. 34(2), 147–154.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Makur, A. P., Jehadus, E., Fedi, S., Jelatu, S., Murni, V., & Raga, P. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 10.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Nurhidayah, N. K. (2020). Profil kemandirian belajar dan sikap siswa menggunakan pembelajaran daring pada materi Biologi kelas VIII : Penelitian survei pada siswa kelas VIII SMP Al-Amanah Cileunyi.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Sundayana, R., Belajar, K., & Masalah, P. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. 75–84.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.