ANALISIS KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP KELAS IX DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Atini Jahwa Arofah, Nita Hidayati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepercayaan diri yang dimiliki oleh siswa SMP dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan populasi seluruh siswa SMP yang ada di kabupaten cirebon. Sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas IX SMPN 1 Beber sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data yangdigunakan ialah dengan memberikan angket kepercayaan diri yang terdiri dari 16 pernyataan dan memiliki 4 indikator. Kemudian data tersebut dihitung dengan rumus presentase jawaban dan dideskripsikan menggunakan kriteria penafsiran presentase jawaban. Presentase yang didapat yaitu sebesar 41,28 % untuk indikator pertama, 47,68% untuk indikator kedua, 49,52% untuk indikator ketiga, dan 42,96% untuk indikator keempat. Sedangkan untuk presentase rata-rata keseluruhan itu sebesar 45,38%. Berdasarkan hasil presentase rata-rata keseluruhan jawaban siswa dapat disimpulkan bahwa tingkat kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah menengah pertama kurang hampir setengahnya siswa belum menguasai indikator-indikator kepercayaan diri.

 

Kata-kata kunci: Kepercayaan Diri, Siswa SMP, Pembelajaran Matematika.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achdiyat, M., & Lestari, K. D. (2016). Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.752

Dewi, D. M., Supriyo, & Suharso. (2013). Kepercayaan Diri Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua pada Siswa Kelas VII (Studi Kasus). Indonesian Journal of Guidance and Counseling.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Linda, D. P., Sappaile, N., & Huda, S. A. (2019). Hubungan Self Confidence dengan Hasil Belajar Matematika. Prosding Seminar Pendidikan STKIP Kusuma Negara.

Lubis, C. M., Rajagukguk, W., & Fauzi, K. M. A. (2019). Perbedaan Self Confidence Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik dan Pembelajaran Berbasis Masalah. 12 No.1.

M. Nur Ghufron dan Rini Risnawita S. (2019). Kepercayaan Diri. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Malinda, P., & Minarti, E. D. (2018). Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN OPEN ENDED. PRISMA. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122

Nurmaenah, N. C., Rizqi, S., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kepercayaan Diri Siswa SMP Kelas IX pada Materi Bangun Ruang Berbantuan Aplikasi Geogebra. Jurnal On Education.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Wiska, A., Tanjung, H. S., Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terintegrasi Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI SMA. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 9-20.

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016a). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016b). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X” Iffa Dian Pratiwi, dan Hermien Laksmiwati Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Psikologi Teori & Terapan.

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Pratiwi, S. (2018). PENGARUH PRESTASI BELAJAR TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 MLAT. UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

Rismawati, N., Mutmainah, D. S., Nurhayati, & Setiawan, W. (2019). ANALISIS KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMPN 4 NGAMPRAH MELALUI PENDEKAAN KONTRUKTIVISME BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA PADA MATERI SEGI EMPAT SEGITIGA. Journal On Education.

Rustan, E., & Bahru, M. S. (2018). Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i1.282

Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Triana, C. R. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence Siswa pada Materi Lingkaran. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.