PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NURUL IMAN TANJUNG MORAWA T.P 2020/2021

Sri Rizki, Haryati Ahda Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di SMA Nurul Iman Tanjung Morawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-MIA SMA Nurul Iman Tanjung Morawa Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel diambil dengan menggunakan Teknik random sampling dengan jumlah 75 siswa. Data dikumpulkan dengan instrumen penelitian berupa angket/kuesioner persepsi siswa tentang kreativitas guru dalam mengajar. Berdasarkan analisis data hasil perhitungan koefisien korelasi Product Moment rhitung = 0,670 dan rtabel = 0,277 ; rhitung > rtabel  dan nilai t hitung (10,38) > ttabel (1,993) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Nilai koefisien determinasi adalah 44%. Artinya 44% keberhasilan dari hasil belajar siswa di SMA Nurul Iman adalah kontribusi dari kreativitas guru dalam mengajar dan 66% dari faktor lain. Sehingga diperoleh kesimpulan pada penelitian ini bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kreativitas guru dalam mengajar dengan hasil belajar siswa.

 

Kata-kata kunci: Kreativitas Guru, Hasil Belajar Siswa

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ekawarna. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif , 118.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONICCI : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 8.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Nurdin, M. (2017). Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Rezkia, M., & Rivilla, S. R. (2014). Kreativitas Guru Matematika Kelas VII Dalam Pembelajaran Matematika di MTSN Model Martapura. JPM IAIN Antasari , 84.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Subyantoro. (2019). Penelitian Tindakan Kelas : Metode, Kaidah Penulisan dan Publikasi. Depok: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.