ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Atis Budiyani, Rina Marlina, Kurnia Eka Lestari

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Motivasi Belajar siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Dengan menggunakan metode kepustakaan (library reasearch) sebagai metode penelitian. Dengan sumber data berupa berupa artikel yang terdiri dari 3 artikel mengenai pengaruh atau hunungan Motivasi Belajar siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Teknik analisis data data menggunakan metode analisis isi, untuk mengkaji dan menelaah mengenai motivasi terhadap hasil belajar, yang dirasa memiliki keterkaitan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Motivasi belajar akan selalu berbanding lurus dengan Hasil belajar matematika, Siswa dengan motivasi belajar yang tinggi akan berpengaruh positif dengan hasil belajar yang akan baik, Siswa dengan motivasi belajar yang rendah akan berpengaruh dengan hasil belajar yang juga rendah, Motivasi belajar tidak hanya bersumber dari diri sendiri (instrinsik) tetapi juga dari orang lain baik itu keluarga, sahabat, guru, masyarakat dan lain-lain (ekstrinsik).

Kata-kata kunci: motivasi, hasil, library reasearch.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aulia, D. E. A. R. (2020). Analisis implementasi model cognitive apprenticeship dengan metode scaffolding terhadap kemampuan matematika siswa.

Ayu, C. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma N 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Menara Ilmu, XI(74), 1–6.

Djiwandono, Sri Esti Wuryani 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Istiqomah, L. (2009). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Se Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2008/2009. 149.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkebangan. In Kencana.

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Richardo, R (2017). Peran ethnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7 (2), 118-125

Zuraida, F., Syamsu, F. D., & Tanjung, H. S. (2019). Analisis Ketrampilan Bertanya Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Sistem Pencernaan melalui Pendekatan Studi Kasus di Smpnegeri 5 Seunagan. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(1).

Warti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.