PENGARUH ALAT PERAGA PACAPI (PAPAN PECAHAN PIZZA) TERHADAP HASIL BELAJAR UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI PECAHAN

Nur Ainun Siti Fadilah, Rina Marlina

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar terhadap hasil belajar pada materi Pecahan dengan membandingkan hasil dari pretest dan posttest. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan subjek sebanyak lima orang siswa SD kelas III di kabupaten Karawang yang telah dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menujukkan terdapat pengaruh penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika secara signifikan yang dapat dilihat dari  hasil pretest dan posttest dari masing-masing siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika berdampak baik pada hasil belajar siswa.

 

Kata-kata kunci: Alat Peraga Matematika, Hail Belajar, Pecahan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

DR. I Wayan Dasna, M.Pd., M. E. (n.d.). Hakikat Pembelajaran Inovatif dan Interaktif.

Dr. Nurdyansyah, S.Pd., M. P. (2019). Media Pembelajaran Inovatif (M. P. Pandi Rais, S.Pd. (ed.)). UMSIDA Press.

Fais, M. Z., Listyarini, I., & Tsalatsa, A. N. (2019). Pengembangan Media Papin dan Koja ( Papan Pintar dan Kotak Ajaib ) Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 26–30.

Kasri. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 2(3), 320–325.

M.Pd, N., & M.Pd, M. S. L. (2019). Media Pembelajaran Matematika (Issue May).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Saifina, I. D., & Tanjung, H. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Deep Dialogue/critical Thingking (Dd/ct) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 17-24.

Sugiarto, S., Nugraha, A., & Aprinastuti, C. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika untuk Siswa Kelas II SD Materi Penjumlahan dan Pengurangan Berbasis Metode Montessiori. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2018, 229–234.

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Sukayati, & Suharjan, A. (2009). PEMANFAATAN ALAT PERAGA MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN DI SD.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Zumrotun, E., & Attalina, S. N. C. (2020). Media Pembelajaran Tutup Botol Pintar Matematika Meningkatkan Hasil Belajar Matematik. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 499–507.

Dahlan, H. (2012). Pengertian, Faktor, dan Indikator Hasil Belajar Siswa. retrieved from http://hendriansdiamond.blogspot.com/2012/01/pengertian-faktor-dan-indikator-hasil.html?m=1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.