SQ4R: Upaya Pembelajaran Matematika Secara Daring Di Kelas Vii Smp Negeri 2 Siborongborong Tahun Ajaran 2019/2020

Yusniar N. Tambunan, Titin Elfrida, Fahmi Sulaiman

Abstract


ABSTRAK: Masa pandemik, mengharuskan seluruh kegiatan proses belajar mengajar dilaksanakan secara daring. Hal ini menjadi tantangan bagi tenga pendidik dan juga siswa. Guru dituntut untuk dapat berinovasi dalam proses belajar mengajar secara daring. Sebenarnya pembelajaran daring adalah tantangan bagi guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar agar siswa dapat memahami apa yang disampaikan gurunya dan guru dapat dengan baik menyampaikan pelajaran kepada murid-muridnya, termasuk pelajaran Matematika. Sedangkan para siswa dituntuk untuk tetap fokus dalam menerima pelajaran meskipun secara daring. Permasalahan selama ini adalah banyak para siswa yang tidak memahami apa yang disampaikan guru mereka pada saat belajar secara daring. Ada metode yang dikenal cukup baik untuk mengatasi permasalahan ini yaitu metode SQ4R  yang akan memberikan kemudahan siswa dalam mehamai pelajaran matematika. Tujuan Penelitian ini adalah a) membentuk kebiasaan siswa berkonsentrasi dalam membaca, b) melatih kemampuan membaca cepat, c) melatih daya peramalan berkenaan dengan isi bacaan d) dan mengembangkan kemampuan membaca kritis dan komprehensif. Ada beberapa langkah yang dilakukan dalam melaksanakan penelitian ini yaitu, Tahapan Persiapan, a) Melakukan observasi. b) Menyusun rencana pembelajaran pada pokok bahasan AritmatikaSosial. c)Membuat instrumen penelitian. Tahap Pelaksanaan yaitu melakukan Pre Test Kegiatan PBM. Tahapan Akhir yaitu Pelaksanaan Post Test dan penyebaran kuesioner.

Kata Kunci : Kenormalan Baru, SQ4R, Matematika, Daring.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Antini, N. K. J., Ardana, I. M., & Hartawan, I. G. N. Y. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Sq4R ( Survey , Question , Read , Reflect , Recite , and Review ) Berbantuan Peta Konsep Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X Sma N 2 Singaraja. 8(1), 29–39.

Fitra, R. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pemodelan Matematika Sederhana. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 8(1), 1–7. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/590

Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. (2020). Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Provinsi Lampung. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 200. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16945

Mauly, Y. K. (2020). Metode Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Metode Pembelajaran Daring, 1(1), 23.

Sinulingga, S. (n.d.). Metodologi Penelitian.

Usmansyah, W., Herdini, H., & Copriady, J. (2019). Penerapan Strategi Belajar Sq4R Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 4(2), 47–56. https://doi.org/10.33578/jpk-unri.v4i2.7167

Wulandari, S., Budiyono, B., & Iswahyudi, G. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Dan Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Gaya Belajar. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(1), 34–47. %0A


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.