ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS BERDASARKAN TAHAPAN POLYA

Siti Muthmainah Darmawan, Ramlah Ramlah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan matematis siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS berdasarkan tahapan Polya. Penelitian kualitatif ini, menggunakan subjek siswa berusia 13-15 tahun sebanyak 5 orang siswa yang telah dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes pemecahan masalah. Instrumen utama adalah peneliti sendiri, sedangkan instrument pendukung yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa terjemahan soal TIMSS 2011. Hasil jawaban siswa secara tertulis dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Siswa dengan kategori tinggi mampu melakukan seluruh tahap pemecahan masalah menurut Polya, sedangkan siswa dengan kategori sedang dan rendah belum mampu melakukan hampir seluruh tahap pemecahan masalah. Hal yang menyebabkan tidak terpenuhinya seluruh tahapan kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan tahapan polya, diantaranya adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menganalisis soal dan siswa kurang terlatih dalam mengerjakan soal tidak rutin.

 

Kata-kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal TIMSS, Tahapan Polya.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afriansyah, E. A. (2016). Investigasi Kemampuan Problem Solving dan Problem Posing Matematis Mahasiswa via Pendekatan Realistic. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 269–280.

Anggraeni, S. A., & Widayanti, E. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 3(2), 115–128.

Arifin, S., Kartono, K., & Hidayah, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Model Problem Based Learning Disertai Remedial Teaching. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 8(1), 85–97. https://doi.org/10.24235/eduma.v8i1.3355

Chang, Y. L., & Huang, Y. I. (2014). A Study of Improving Eighth Graders’ Learning Deficiency in Algebra by Applying a Realistic Context Instructional Design. International Education Studies, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.5539/ies.v7n1p1

Edo, S. I., Hartono, Y., & Putri, R. I. I. (2013). Investigating secondary school students’ difficulties in modeling problems PISA-model level 5 and 6. Journal on Mathematics Education, 4(1), 41–58. https://doi.org/10.22342/jme.4.1.561.41-58

https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.881

Joseph, Y.K. (2011). An Exploratory Study of Primary Two Pupils’ Approach to Solve Word Problems. Journal of Mathematics Education,12(1):19-30.

Kristianti, N. K. H., Sudhita, I. W. R. S., & Riastini, P. N. (2013). Pengaruh Strategi REACT Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD, 1.

Lestanti, M. M., Isnarto, I., & Supriyono, S. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa dalam Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1). https://doi.org/10.15294/UJME.V5I1.9343

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Ruddock, G. J., O’Sullivan, C. Y., & Preuschoff, C. (2011). TIMSS 2011 Mathematics Framework. TIMSS 2011 Assessment Frameworks, 17–46.

Munaji & Setiawahyu, M. I. (2020). Profil kemampuan matematika siswa smp di kota cirebon berdasarkan standar timss. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 249–262.

Rahim, F., & Roesdiana, L. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. 8(1), 101–109.

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Rokhmawati, A., Asih, I., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Rainbow Book pada Materi Bangun Datar Kelas IV. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), III, 85-95.

Sitorrus, Y. I., & Sutirna. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Program Linier. MAJU, 8, 282–290.

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Selfefficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Vendiagrys, L., & Junaedi, I. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe Timss Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 4(1), 34–41.

Wijaya, A., Heuvel-Panhuizen, M. Van Den, Doorman, M., & Robitzsch, A. (2014). Difficulties in solving context-based PISA mathematics tasks : An analysis of students ’ errors. The Mathematics Enthusiast, 11(3), 555–584.

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144

Zulfitri, H. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Setelah Pembelajaran dengan Pendekatan MEAs pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Jurnal Gantang, 4, 7–13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.