PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA BENTUK KUE TRADISIONAL KHAS SUMATERA UTARA

Marta Rohana Tampubolon, Nurdalilah Nurdalilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep geometri siswa dengan menggunakan model project based learning berbasis etnomatematika pada bentuk kue tradisional khas Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan subjek sebanyak 25 siswa dari kelas VIII C MTs Al-Washliyah Gedung Johor Medan tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi yang dilakukan pada siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat 88% dari 25 siswa yang mendapatkan nilai pemahaman konsep sudah tergolong sangat baik dan dapat dikatakan bahwa dalam proses pembelajaran pada materi geometri sudah tergolong memahami dengan jelas dan efektif, serta memenuhi semua indikator pemahaman konsep pada tahap proses dan objek; (2) Siswa yang memiliki kemampuan baik sebanyak 12% sudah memenuhi indikator pemahaman konsep pada tahap proses. Namun, siswa tidak memenuhi indikator pemahaman konsep pada tahap objek.

Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Geometri, Etnomatematika, Project Based Learning


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Arifa, A. B., Wibawanto, S., & Wirawan, I. M. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR . Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 253-263.

Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 114-119). Semarang: Universitas Negeri Semarang .

Hariyadi, S., & Muttaqin, M. F. (2020). PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN ETNOMATEMATIKA BANGUNAN CAGAR BUDAYA KOTA SEMARANG. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 1-7.

Huda, N. T. (2018). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 217-232.

Kiswanto, Rahman, U., & Sulasteri, S. (2015). DESKRIPSI PEMAHAMAN KONSEP MATERI GEOMETRI DITINJAU DARI KEPRIBADIAN SENSING DAN INTUITION PADA SISWA KELAS IX SMPN 33 MAKASSAR. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 42-58.

Muwahiddah, U., Asikin, M., & Mariani, S. (2018). Project Based Learning Berbasis Etnomatematika Berbantuan Augmented Reality Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (pp. 157-164). Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Sma Negeri 6 Padangsidimpuan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Berbantuan Autograph (Doctoral dissertation, UNIMED).

Ningsih, S. (2015). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Geometri Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Di Kelas VIII Negeri 14 Palembang. Palembang: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPTIKA).

Rohimah, I., & Nursuprianah, I. (2016). PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL BIDANG DATAR (Studi Kasus Kelas VII di SMP Negeri 1 Cidahu Kabupaten Kuningan). EduMa, 20-35.

Subagja, R. (2016). Skripsi : IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEDISIPLINAN SISWA DALAM MEMATUHI NORMA TATA TERTIB SEKOLAH. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.