ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIIMTs AL-IKHLASIYAH SEI BULUH T.P. 2020/2021

Fauziah Fauziah, Desniarti Desniarti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi Segiempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian Dskriptif Kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII 1 MTs Al-Ikhlasiyah Sei Buluh Tahun Pelajaran 2020/2021. Pengambilan subjek menggunakan teknik Purposive Sampling dari nilai tes kemampuan komunikasi matematis sebanyak 6 siswa yang termasuk dalam kategori kemampuan komunikasi matematis tinggi, sedang dan  rendah.  Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 2 siswa dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi mampu mencapai 3 indikator kemampuan komunikasi matematis, 2 siswa dengan  kemampuan komunikasi matematis sedang mampu mencapai 2 indikator kemampuan komunikasi mateatis dan 2 orang siswa dengan kemampuan komunikasi matematis rendah mampu mencapai 1 indikator kemampuan komunikasi matematis saja. Dari ke-6 siwa, 3 siswa memiliki minat belajar yang tinggi dengan perolehan persentase minat belajar 75% < Pm ≤ 100%, dan 3 siswa memiliki minat belajar Cukup dengan perolehan persentase minat belajar 50% < Pm ≤ 75%.

Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Mateatis, Model Reciprocal Teaching, Minat Belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Astriani, L. (2017). Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Pemahaman Konse Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika , 77-85.

Maulani, D., Suyono, & Noornia, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Self-Concept Siswa Di SMAN Kecamatan Tambun Selatan Bekasi. JPPM , 14-24.

Istriani, & Pulungan, I. (2018). Ensiklopedi Pendidikan. Medan: LARISPA.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Lestari, E. K., & Yudhanergara, R. M. (2019). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Tanjung, H. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Sma Negeri 6 Padangsidimpuan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Berbantuan Autograph (Doctoral dissertation, UNIMED).

Rakhmawati, M. N., Paridjo, & Sholikhakh, A. R. (2019). Analisis Kemapuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Reciprocal Teaching Pada Materi Kubus Dan Balok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 153-162.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.