HUBUNGANiiANTARAiiKEMANDIRIAN iBELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR iMATEMATIKA PADA MASA iPANDEMI COVID-i19 DI SMP NEGERI 2 SATU ATAP STM HILIR T.P. 2020/2021

Ana Mardiana, Irham Habibi Harahap

Abstract


Abstrak: Penelitian ini diharapkan dapat menunjukkan sejauh mana hubungan (korelasi)  antara kemandirian belajar dengan hasil belajar Matematika siswa SMP Negeri 2 Satu Atap STM Hilir selama masa pandemi virus corona. Penelitian ini adalah menggunakan semacam eksplorasi kuantitatif dengan strategi survei dan metodologi korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan terhadap populasi 48 siswa. Informasi dikumpulkan dengan instrumen penelitian sebagai  kuesioner untuk variabel informasi X (kemandirian belajar)  dan tes dengan soal uraian matematika pada variabel informasi Y (hasil belajar). Hasil uji reliabilitas alat penelitian  untuk variabel  bebas adalah 0,938 sedangkan variabel  terikat adalah 0,718. Berdasarkan uji pra syarat  menunjukkan bahwa data variabel  X dan variabel  Y berdistribusi normal dan linier. Berdasarkan  perhitungan koefisien hubungan sederhana menghasilkan nilai koefisien rxy = 0,626. Hasil analisis koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t menggambarkan  bahwa hubungan antara ke dua variabel adalah  signifikan. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan  sebesar 39,1% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh kemandirian belajar. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kemandirian belajar (variabel X) dengan hasil belajar Matematika  (variabel Y). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemandirian belajar maka semakin tinggi pula hasil belajar Matematika siswa.Kata kunci : Kemandirian Belajar, Hasil Belajar, Pandemi, Covid-19

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anitah,i S.,i & dkk. (2009). Strategi Pembelajarani di SD. Jakarta: Bumii Aksara.

Asrori, M., & Ali, M. (2016). Psikologi iRemaja danii Perkembangan Peserta iDidik. Jakarta: Bumi Aksara.

Desmita.i(2014). Psikologii Perkembangan Pesertai Didik. iBandung: PT. Remaja Dosdakarya.

Dewi, N., Asifa, iS. N., & Zanthy, L. S. (2020). iPengaruh iKemandirian Belajar iTerhadap Hasil iBelajar iMatematika. PYTHAGORAS: JurnaliProgram iStudi iPendidikan Matematika, 9(1), 48-54.

i Dewi,iiW. A. F. (2020). iDampak iCovid-19 terhadapiiimplementasi pembelajaraniidaring idi Sekolah Dasar. iEdukatif:iiJurnali iiIlmu iPendidikan, 2(1), 55-61

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Handarini,iiO. I., & iiWulandari, S. S. (2020). iiPembelajaran iiDaring Sebagai iUpaya Study iFrom Home (SFH) iSelama iPandemi Covid 19.i JurnaiPendidikan Administrasi Perkantorani (JPAP), 8(3), 496-503.

Mahdalena, iS., & iSain, M. (2020). Meningkatkani Hasil iBelajar Siswa iMelalui iPenerapan Model Pembelajarani iCooperative iScript Padai Mata iPelajaran Ilmu Pengetahuani Sosial iKelas VA Siswa iSekolah iDasar Negeri 010 Sungai iBeringin. Asatiza: iJurnal Pendidikan,i 1(1), 118-138.

Mustari,i M. P. (2014). Nilai Karakter iRefleksi iUntuk iPendidikan. Jakarta:i PT Raja iGrafindo Persada.

Nurhayati,i E. i(2011). iPsikologi iPendidikan Inovatif. iYogyakarta: iPustaka Pelajar.

Purwanto,i N.i (2014). iPsikologi iPendidikan.i Bandung: PT. iRemaja iRosdakarya.

Susanto,i A. (2014). iTeori Belajar & Pembelajarani di iSekolah Dasar. iJakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.