HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII MTs AL-IKHLASIYAH SEI BULUH TAHUN PELAJARAN 2020/2021 DITINJAU BERDASARKAN GENDER

Kholiza Siregar, Irham Habibi Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan positif motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Al-Ikhlasiyan Sei Buluh Tahun Pelajaran 2020/2021 ditinjau berdasarkan gender. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Ikhlasiyah Sei Buluh Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel diambil dengan menggunakan Teknik random sampling dengan jumlah 73 siswa. Data di kumpulkan dengan instrument penelitian berupa tes soal matematika dan kuesioner motivasi belajar. Berdasarkan analisis data hasil perhitungan koefisien korelasi Product Moment r hitung = 0,435 dan r tabel = 0,235 ; r hitung > r tabel  dan nilai t hitung (4,520) > t tabel (1,994) berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Nilai koefisien determinasi adalah 18,92%. Artinya hanya 18,92% konstribusi  motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Sehingga diperoleh kesimpulan pada penelitian ini bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif (searah), artinya semakin baik motivasi belajar siswa maka hasil belajar matematika siswa akan semakin meningkat.

 

Kata-kata kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Gender.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, A., & Dwiningrum, S. I. (2016). Pengaruh Karakteristik Gender dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, (4)1, 32-45.

Istirani, & Pulungan, I. (2016). Ensiklopedia Pendidikan. Medan: LARISPA.

Kompri. (2017). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Setiawati, G. A., & Arsana, A. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan gender Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas Bilingual SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar. Procedding Biology Education Conference , (15)1, 173-179.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.