ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SMP NEGERI 1 AIR PUTIH

Mega Putri yani, Juliandri Panjaitan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami seluruh siswa SMP Negeri 1 Air Putih selama pembelajaran dimasa pandemi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah kesulitan belajar siswa selama pembelajaran daring dimasa pandemi yang dilihat dari 3 indikator, yaitu kesulitan teknis dalam pembelajaran matematika dimasa pandemi, kesulitan dalam kegiatan atau proses pelaksanaan dalam pembelajaran matematika secara daring dimasa pandemi, serta kesulitan dari lingkungan tempat tinggal siswa berada (eksternal). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang dipadukan dengan  sudut pandang kualitatif. Penelitian melibatkan seluruh siswa SMP Negeri 1 Air Putih. Sampel pada penelitian ini adalah siswa Smp Negeri 1 Air Putih kelas terbuka atau kelas siang sebanyak 33 responden. Sedangkan Populasi atau subjek dalam penelitian ini adalah siswa Smp Negeri 1 Air Putih yang regular atau kelas pagi sebanyak 150 siswa sebagai responden yang mengisi angket sekaligus sebagai narasumber dalam wawancara melalui google form dan 5 guru sebagai narasumber dalam wawancara terkait kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran matematika dimasa pandemi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan secara proporsional, yang berarti mengikuti perbandingan banyaknya anggota antar subpopulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami siswa Smp Negeri 1 Air Putih pada pembelajaran matematika secara daring dimasa pandemi yaitu diantaranya kesulitan teknis pada pembelajaran matematika siswa secara daring dimasa pandemi dengan perolehan nilai sebesar 67%; kesulitan pada kegiatan atau proses pelaksanaan dalam pembelajaran matematika secara daring dimasa pandemi sebesar 64,6%; dan kesulitan dari lingkungan serta tempat tinggal siswa (eksternal) memperoleh nilai sebesar 62,10%.

Kata-kata kunci: Kesulitan Belajar, Pembelajaran Dimasa Pandemi

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Annur,M,F., Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan,. DOI:http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria. Prefix

Apriyanto,M,T., Herlina,L.(2020). “Analisis Prestasi Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa”. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI (hlm. 136-137).

Damayanti,R.N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Dyscaculia Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Bulat. (Skripsi). FKIP, Universitas Pancasakti Tegal.

Friantini,R.n.,&Winata,R.(2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia),4(1),6.DOI:

https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i1.870

Isnani,D. (2020). Kesulitan Siswa Kelas VIII Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Di Smp Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2019/2020. (Skripsi) . IAIN Salatiga.

Kurniawati, B. (2020). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Daring. [Online].https://www.kompasiana.com/budiatun73333/5fabac87d541df232e54a673/kelebihan-dan-kekurangan-pembelajaran-daring?page=2

Makur,A,P.,Jehadus,E., Fedi,S., Jelatu,S., Murni,V., Raga,P. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi. Mosharafa:Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 2-3. DOI:https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1

Nabila,H., Sulistiyaningsih,D. (2020). “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Pembelajaran Daring Berbantuan Microsoft Teams Kelas XI SMA NEGERI 9 SEMARANG”. Prosiding Seminar Edusaintech.

Nabila,H.,Sulistiyaningsih,D. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Pembelajaran Daring Berbantuan Microsoft Teams Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang. Prosiding Seminar Edusainstech. FMIPA UNIMUS.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Nasution,L,J.(2019). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika pada Kurikulum 2013 Kelas IV SD Negeri 101871 Sidodadi Batang Kuis.(Skripsi). FKIP, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Rosali, E, S. (2020).Aktivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geosee (Geography Science Education Journal),1(1),22-24. DOI:http://jurnal.unsil.ac.id.index.php/geosee/index

Syafi’i, M. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Matematika Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Kalkulus dan Aljabar di Kelas XI IPA SMA .Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika,5(1),65-74. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2

Taradisa,N., Jarmita,N., Emalfida. (2020). Kendala yang Dihadapi Guru Mengajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Min 5 Banda Aceh. Repository.ar-raniry.ac.id, 3-5.

Utami,Y,P., Cahyono,D,A,D. (2020).Study At Home:Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik(JI-MR). 1(1) 20-26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.