PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL SISWA MTs SWASTA ASTHOFFAINA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Adlin Nur Batu Bara, Suwarno Ariswoyo

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel siswa MTs swasta asthoffaina tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah assosiatif dengan metode kuantitatif. Sampel penelitiannya adalah kelas VIII MTs swasta asthoffaina dengan jumlah sampel sebanyak 17 siswa. Hasil analisis regresi sederhana menghasilkan persamaan  = 11,477 + 0,546 X untuk pengaruh minat terhadap hasil belajar sedangkan persamaan untuk pengaruh motivasi terhadap hasil belajar yaitu  = 8,787 + 0,589 X. Hasil output analisis menunjukkan nilai korelasi antara minat terhadap hasil belajar yaitu 0,647. Koefisien determinasinya sebesar 41,9 % dan nilai signifikannya 0,005< 0,05. Sedangkan nilai korelasi motivasi terhadap hasil belajar 0,741, koefisien determinasinya 54,9 % , dan nilai signifikannya 0,001 < 0,05. Hasil analisis regresi berganda menghasilkan persamaan  = 8,586 + 0,019 X1 + 0,573 X2. Korelasi antara minat dan motivasi terhadap hasil belajar yaitu 0,741. Koefisien determinasinnya 54,9 % dan nilai signifikannya 0,004 < 0,05. Dari hasil proses analisis, semua hipotesis diterima sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara minat terhadap hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel siswa MTs swasta asthoffaina tahun pelajaran 2020/2021, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel siswa MTs swasta asthoffaina tahun pelajaran 2020/2021, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel siswa MTs swasta asthoffaina tahun pelajaran 2020/2021.

 

Kata-kata kunci: Minat belajar, motivasi belajar, hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Sudirman (2009). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta. rajawali Pers

Susanto (2013). Teori Belajar dan pembelajaran. Jakarta. Kencana

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.