ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS POKOK BAHASAN KECEPATAN JARAK DAN WAKTU DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA

Fyrda Jamiatul Hasanah, Ramlah Ramlah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah soal cerita pada materi kecepatan, jarak, dan waktu dengan ditinjau dari kemampuan awal siswa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD yang berjumlah 3 orang dan berada di Desa Pasirtalaga II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu satu buah tes uraian dan wawancara dengan materi jarak, waktu, dan kecepatan. Data penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa data nilai kemampuan pemecahan masalah sedangkan data kualitatif berupa hasil wawancara yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan awal siswa. Analisis data dalam penelitian ini memiliki tiga tahapan, yaitu: 1) tahap perencanaan, pada tahap ini peneliti membuat sebuah instrument tes pemecahan masalah matematis dengan meliputi kisi-kisi, dan juga wawancara; 2) tahap pelaksanaan, pada tahap ini siswa diberikan sebuah test pemecahan masalah matematis, setelah itu dilanjutkan dengan wawancara mengenai soal yang diberikan.; 3) tahap evaluasi, pada tahap ini peneliti mengolah data yang telah diperolah ketika penelitian itu, lalu peneliti menyusun hasil dalam bentuk laporan dan mengevaluasi soal tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan  memahami dan tidak mengetahui rumus dalam sebuah soal kemampuan pemecahan masalah dengan materi keceptan, jarak, dan waktu untuk kelas V SD. Siswa juga tidak mengetahui prasyarat materi soal tersebut. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis masih sangat rendah, begitu pula untuk kemampuan awal siswa juga masih sangat rendah.

 

Kata-kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Awal, Kecepatan Jarak dan Waktu.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

.

Unaenah, E., Kamilah, N., Lestari, D. R., Nugrahanti, I., Lestari, B., & Lestari, P. I. (2020). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Waktu, Jarak dan Kecepatan melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Siswa Kelas V SD. Journal STITPN, 2(1), 169-176.

Purnomo, Puji & Palupi, M.S. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Waktu, Jarak dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD), 20(2), 151-157.

Winditasari, M., Soegiyanto, H., & Kamsiyati, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Waktu Jarak dan Kecepatan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal FKIP UNS, 6(8), 151-58.

Nuranah, S. (2015). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Jarak Waktu dan Kecepatan Di Kelas 5A SD Negeri I Pujokusuman I Yogyakarta. Diakses dari https://eprints.uny.ac.id/25524/1/SKRIPSI_Siti%20Nurjanah_11108241129.pdf

Suryani, M., Jufri, L.H., & Putri, T.A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-130.

Komarudin. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Waktu, Jarak, Kecepatan Dalam Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Koopeatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas V SD Negeri Randusari 02 Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Dialektika P. Matematika, 6(1), 37-46.

Andari, Tri. (2010). Efektifitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Bangunrejo Kabupaten Lampung Tengah. Diakses dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/22707

Astutik, A.P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mengenal Satuan Jarak dan Kecepatan Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Strategi Peer Lessons Siswa Kelas V SDN Puloniti Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojoerto. Wahana Kreatifitas Pendidik, 3(1), 27-34.

Fauziyah, U.S. (2018). Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Kecepatan Pada Siswa Kelas V MI Futuhiyyah Mranggen Demak. Diakses dari http://eprints.walisongo.ac.id/9767/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf

Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Sumartini, T.S,. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Junal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2), 148-158.

Yandhari, I.A.V., Alamsyah, T.P., & Halimatusa’diah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV SD. Jurnal UNNES, 10(2), 146-152.

Ningum, E.K., Purnami, A.S., & Widodo, S.A. (2017). Eksperimentasi Team Accelerated Instruction Terhadap Kemampuan Peecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(2), 218-227.

Apriani, E., Djadir., Asdar. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika dan Perbedaan Gender. Issues in Mathematics Education, 1(1), 7-11.

Sintawati, M.,. Berliana, L., & Supriyanto, S. (2020). Real Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1), 26-33.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.