ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN TIGA VARIABEL

Yeni Nuraeni, Adi Ihsan Imami

Abstract


Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui serta menganalisis Kemampuan Komunikasi Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Sample yang diambil dalam penelitian ini adalah 5 siswa yang diambil secara random dari populasi 15 siswa yang menjawab soal dengan kemampuan yang berbeda – beda. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI disalah satu sekolah SMK yang berada di Kabupaten Karawang. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Instrument yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis soal bentuk uraian. Terlihat dari presentase skor per indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu: indikator 1 diperoleh presentase 22.8%,  indikator 2, 3, dan 5 diperoleh persentase 22.6%, dan indikator 4 diperoleh persentase 6.5%.  Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan komunikasi siswa SMK  menghasilkan persentase ≤ 33%, hal ini dapat dikatakan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih belum cukup baik dan tergolong rendah.

 

Kata-kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Persamaan Linier Tiga Variabel.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, A. D., 2018. Analisis Kemampun Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Ditinjau dari Gaya Belajar Impulsive dan Reflective. Skripsi.

Heryan, Umaedi. 2018. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Jurnal Pendidikan matematika Raflesia.

Hijriani, L., Rahardjo, S., & Rahardi, R. 2018. Deskripsi Reperesentasi Matematika Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol. 3(5).

Muhtadi. Dkk. 2019. Analisis Kemampuan Komunikasi Dan Minat Belajar Matematis Siswa Smp. Jurnal on Education.

Rachmayani, Dwi. 2020. Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Journal.unpas.ac.id.

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Rahmawati, N. S., Bernard, M., Akbar, P. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Jurnal On Education.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Rofi’ah, Nur., Ansori, H., Mawaddah, S. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesakan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika.

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Ruseffendi. 2006.Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Bandung.

Tanjung, H. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Sma Negeri 6 Padangsidimpuan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Berbantuan Autograph (Doctoral dissertation, UNIMED).

Sari, A. M., Susanti, N., & Rahayu, C. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aritmatika Sosial Kelas VII. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, vol 4(2).

Siagian, M. D., 2016. Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matemtika. MES (Journal of Mathematics Education and Science).

Wijayanto, A. D, Fajriah, S. N, Anita, I. W. 2018 . Analisis Kemapuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal cendikia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.