ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI HIMPUNAN

Yeremita Nurhalin, Ramlah Ramlah

Abstract


Abstrak: Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan materi himpunan. Himpunan merupakan salah satu materi pelajaran matematika SMP yang terdapat pada kelas VII. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling dan diperoleh sebanyak 3 orang siswa dari kelas VII. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes yang dimana peneliti sebagai instrument utama dan tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk 2 soal uraian dengan 4 indikator Polya dan wawancara sebagai instrument pendukung. Teknik pengolahan data yang digunakan dengan menilai hasil jawaban siswa berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 2 soal tes yang diberikan, masih terdapat beberapa kesalahan yang ditemukan pada hasil jawaban siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah, seperti: tidak memberikan proses penyelesaian, kurang memahami permasalahan, kesalahan dalam perhitungan, dan kesimpulan yang tidak tepat akibat kesalahan perhitungan.

 

Kata-kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah, Himpunan, Analisis Kesalahan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adilistiyo, M. R. E., & Slamet, H. W. (2017). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Himpunan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang dalam Materi Peluang. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 02(01), 144–153.

Anggraeni, R., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1072–1082.

Asfar, A. M. I. T., & Nur, S. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing and Soving (PPS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Silan. Educ, 7(2), 124–132.

Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435–446.

Aulia, J., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 484–500.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 151-160).

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322.

Kristofora, M., & Sujadi, A. A. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika dengan Menggunakan Langkah Polya Siswa Kelas VII SMP. Prisma, 6(1), 9–16.

Mauliandri, R., & Kartini, K. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa SMP. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2), 107–123.

Nababan, S. A., & Iskandar, I. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 KUALAKABUPATEN NAGAN RAYA. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2).

Natsir, N., Tandiayuk, M. B., & Karniman T. S. (2016). Profil Kesalahan Konseptual dan Prosedural Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan di Kelas VII SMPN 1 Siniu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4), 440–452.

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Nissa, I. C. (2015). Pemecahan Masalah Matematika (Teori dan Contoh Praktek). Mataram: Duta Pustaka Ilmu.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Nurdiawan, R., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan Berdasarkan Tahapan Newman. Journal on Education, 1(3), 128–135.

Polya, G. (2004). How to Solve It. New Jersey: Princeton University Press.

Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Pada Materi Himpunan: Studi Kasus di SMP Negeri 1 Cibadak. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 03(02), 2548–2297.

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dengan Prosedur Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2), 173-185.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan dalam Pemecahan Masalah Matematika. Matematika, 19(2), 123–130.

Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41–45.

Sundari, R., Andhany, E., & Dur, S. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Himpunan ditinjau dari Tahapan Newman Pada Kelas VII MTs Negeri Hamparan Perak TA 2017/2018. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 8(2), 187–194.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.