ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI MENGHITUNG KELILING DAN LUAS BANGUN PERSEGI PANJANG DAN TRAPESIUM BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA

Veda Fitaloka Pasha, Ramlah Ramlah

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Menghitung Keliling Dan Luas Bangun Persegi Panjang dan Trapesium berdasarkan Kemampuan Awal Siswa. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan subjek sebanyak tiga orang siswa SMP kelas VII di kabupaten Bekasi yang dipilih secara purposive sampling. Intrument utama adalah peneliti sendiri, sedangkan intrument pendukung yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal uraian yang berjenis satu soal PISA. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jawaban siswa yang merajuk pada keempat indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yang dikembangkan oleh polya dan melakukan wawancara tak terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa 1 hanya mampu memenuhi satu indikator yaitu Merencanakan penyelesaian masalah, sedangkan siswa 2 dan 3 mampu memenuhi dua indikator yaitu merencanakan penyelesaian masalah dan menyelesaikan masalah  seusai dengan rencana. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi menghitung keliling dan luas bangun persegi panjang dan trapesium masih tergolong rendah. Hal tersebut dapat diperkuat dengan hasil wawancara pada siswa yang menunjukkan bahwa ketiga siswa memiliki kemampuan awal yang rendah.

Kata-kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Awal, Menghitung Keliling dan Luas Bangun Persegi Panjang Dan Trapesium.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Apriani, E., Djadir, D., & Asdar, A. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika dan Perbedaan Gender. Issues in Mathematics Education (IMED), 1(1), 7. https://doi.org/10.35580/imed

Asih, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(September), 12.

Effendi, A. (2016). Implementasi Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. JPPM Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 9(2), 165–176.

Gais, Z., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 255–266. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i2.313

Kurniadi, G., & Purwaningrum, J. P. (2018). Kesalahan Siswa Pada Kategori Kemampuan Awal Matematis Rendah Dalam Penyelesaian Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i2.3754

Masri, M. F., Suyono, S., & Deniyanti, P. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Self-Efficacy Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa Sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2990

Octaria, D. (2018). Soal Matematika Pisa Menggunakan Konteks Budaya Ogan Ilir Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Dosen Universitas PGRI …. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1687/0

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771

Nababan, S. A., & Iskandar, I. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 KUALAKABUPATEN NAGAN RAYA. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2).

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal. Musharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 119–130.

Akramunnisa, & Sulestry, A. I. (2016). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Tinggi Dan Gaya Kognitif Field Independent ( Fi ). Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 46–56.

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).http://journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy

Amaliah, F., Sutirna, S., & Zulkarnaen, R. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segiempat dan segitiga. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 10–20. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7202

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Annizar, A. M. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal PISA Menggunakan Model IDEAL Pada Siswa Usia 15 Tahun Di SMA Nuris Jember.

Siregar, S. U. (2016). Luas Dan Keliling Bangun Datar Kelas V Semester 2 Sd Negeri 114375 Binaraga Rantauprapat. 2(2), 51–53.

Thasia, O. P. (2014). Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Tatanan Kooperatif Tipestudents Teams Achievement Division Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Negeri 2 Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Repositori.Uin-Suska.Ac.Id/Id/Eprint/4221, 1–9.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Vendiagrys, L., & Junaedi, I. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe Timss Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 4(1), 34–41.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.