ANALISIS KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI SEGITIGA

Nur Sitihanifah, Ramlah Ramlah

Abstract


 

Abstrak: Kemampuan abstraksi matematis merupakan kemampuan dasar yang yang harus dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan abstraksi matematis siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII di MTSn 4 Karawang sebanyak 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan abstraksi matematis. Instrumen tes terdiri dari tiga soal yang mengedepankan kemampuan abstraksi matematis. Berdasarkan hasil penelitian serta analisis jawaban siswa diketahui bahwa kemampuan abstraksi  siswa tergolong rendah. Tingkat kemampuan abstraksi matemtis dari 35 siswa dikelas VIII berdasarkan nilai yang diperoleh siswa secara keseluruhan terdapat 3 orang siswa diketegori tinggi dengan jumlah persentase 8,57% dengan memenuhi indikator. Terdapat 29 siswa dikategori sedang dengan jumlah persentase 82,85%, belum memenuhi semua indikator secara maksimal, sedangkan siswa pada kategori rendah terdapat 3 orang siswa dengan jumlah persentase 8,57%, tidak memenuhi semua indikator kemampuan kemampuan abstraksi matematis, dimana siswa hanya menuliskan nomor soal saja tanpa memberikan jawaban sama sekali.

Kata-kata kunci: Kemampuan Abstraksi Matematis, Segitiga


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alfin Lushfatun Nisa.2018.Jurnal Pendidikan Matematika.ANALISIS KEMAMPUAN ABSTRAKSI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII SMP.Vol.4 nomor 1,februari 2018,halaman 01-08

Arifin, S., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2010). Jurnal pendidikan matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 111–121. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/817/230

Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, California: Sage Publications

Juniarti, A. C., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Kelas X Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel ( SPLDV ). 2016, 400–404

Mitchelmore, M & White P. 2007. Abstraction In Mathematics Learning,

(Journal for Research Mathematics Education, Vol. 3, 334

Maldini, A. (2015). ANALISIS KEMAMPUAN ABSTRAKSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI POKOK SEGITIGA DI MTsN ARYOJEDING REJOTANGAN KELAS VII.

Merliza, P. (2008). Peranan Kemampuan Abstraksi Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Melalui Soal Rich Context Persamaan Linear Dua Variabel. 207–213.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Saipik(2008).Kemampuan Berpikir Abstrak dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tata.2015. PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMODELAN DAN ABSTRAKSI MATEMATIS SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL KOLABORATIF. perpustakaan.upi.edu.

Wiryanto. 2014. Level – Level Abstraksi Dalam Pemecahan Masalah Matematika.

t.t.p: t.p. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 03, No. 03.572-577

Yusepa, B. (2016). Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama ( Smp ) Kls Viii. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 1(1), 54–60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.