ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL

Anita Anita, Ramlah Ramlah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan kemampuan awal siswa. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan subjek sebanyak tiga orang siswa SMP kelas VIII di kabupaten Bekasi yang telah dipilih secara purposive sampling. Instrumen utama adalah peneliti sendiri, sedangkan instrumen pendukung yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jawaban siswa yang merujuk pada keenam indikator kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan oleh Facione dan melakukan wawancara tak terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa 1 hanya mampu memenuhi satu indikator yaitu inference, sedangkan siswa 2 dan 3 mampu memenuhi empat indikator yaitu interpretation, analysis, evaluation, dan inference. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel masih tergolong rendah. Hal tersebut dapat diperkuat dengan hasil wawancara pada siswa yang menunjukkan bahwa ketiga siswa memiliki kemampuan awal yang rendah.

Kata-kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan awal, SPLDV.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Fatmawati, H., Mardiyana, & Triyanto. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 911–922.

Gais, Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Jurnal Mosharafa, 6(2), 255–266.

Gunawan, D. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Project Based Learning Pada Siswa SMP/MTs.

Hartati, A. D., Hayati, A., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal On Education, 01(03), 37–47.

Hasanah, E. N., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Satu Variabel (SPLSV). MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 313–317.

Hayudiyani, M., Arif, M., & Risnasari, M. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir kritis Siswa kelas X TKJ Ditinjau Dari Kemampuan Awal Dan Jenis Kelamin Siswa Di SMKN 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Edutic, 4(1), 20–27.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Ismaimuza, D. (2011). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 11–20.

Lestari, S. Z. D., & Roesdiana, L. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 82–90.

Purbonugroho, H., Wibowo, T., & Kurniawan, H. (2020). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Matematika. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 53–62.

Putri, S. A. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dibedakan dari tingkat kecemasan.

Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Razak, F. (2017). Hubungan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Pesantren IMMIM Putri Minasatene. Jurnal Mosharafa, 6(1), 117–128.

Riyadhotul, S., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, 905–910.

Sari, V. A., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 1 Kedung Waringin Pada Materi Segitiga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 318–324.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.