ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI PELUANG DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA

Putri Endrawati, Ramlah Ramlah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis dilihat dari kemampuan awal siswa dalam menyelesaikan soal materi Peluang. Indikator Penalaran Matematis yang digunakan ialah Indikator Penalaran Matematis yang disebutkan oleh Agustin yang terdiri dari tiga indikator yaitu melakukan proses pengamatan dan identifikasi menggunakan hubungan matematis, mengembangkan bukti dari berbagai argument matematis, dan menarik kesimpulan berdasarkan alasan yang logis. Metode yang digunakan pada penelititian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu 4 siswa kelas VIII SMP. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini ialah soal tes uraian sebanyak satu soal dan melakukan wawancara kepada masing-masing subjek. Wawancara dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Ada 3 tahapan untuk menganalisis data yaitu dengan mengumpulkan hasil tes kemampuan, dan hasil wawancara. kemudian menyederhanakan pengumpulan data yang diperoleh, yang selanjutnya membuat kesimpulan data agar mendapat hasil kesimpulan yang akurat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dari ke 4 siswa hanya 2 siswa yang memahami sekurang kurangnya 2 dari 3 indikator kemampuan penalaran matematis yang hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis pada materi peluang berdasarkan kemampuan awal masih tergolong rendah dikarenakan siswa memiliki kemampuan awal yang rendah

Kata-kata kunci: Kemampuan awal siswa, Kemampuan Penalaran Matematis, Peluang.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustin, R. D. (2016). Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. Jurnal Pedagogi, 5(2), 179-188.

Ario, M. (2016). analisis kemampuan penalaran matematis siswa smk setelah mengikuti berbasis masalah. Jurnal Ilmiah Edu Research, vol 2 no 2.

Asdarina, O & Masriyah, R. (2018) Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Setara PISA Konten Geometri. Jurnal Numeracy, 7(2), 192-206. https://doi.org/10.46244/numeracy.v712.1167

Bakhril, M. S., Kartono, & Dewi, N. R. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Peer Tutoring Cooperative Learning. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 754-758.

Bray, J., & Sturman, C. (2001). Bluetooth: Connect without wires. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Firmansyah, M.A. (2017). Peran Kemampuan Awal Matematika Terhadap Hasil Belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 55-68. https://dx.doi.org/10.31000/prima.v1i1.255

Forouzan, B.A., & Fegan, S.C. (2007). Data communications and networking (4th ed.). New York: McGraw-Hill.

Hasmal, H, Kodirun, K, & Angga, M. (2020). Deskrripsi Penalaran Matematis Siswa SMP Negeri 1 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(2), 197-299. https://dx.doi.org/10.36709/jppm.v8i2.13658

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, 7(1), 9-19.

Kleden, M. A., Geradus, U., & Sugi, Y. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbasis Budaya Pesisir. Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya, 150-159.

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional matematika, 588-595.

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem-based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Maulyda, M. A. (2019). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM. Malang: CV IRDH.

MMahdiansyah, Wirda, Y., & Winingsih, L. H. (2018). Muatan HOTS pada Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurhasanah, R. A., Waluya, S. B., & Kharisudin, I. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita. Seminar Nasional Pascasarjana, 768-775.

Monariska, E. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMK melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together PRISMA, 7(2), 217. https://doi.org/10.35194/jp.v7i2.531

Nu’man, M. (2012). Penanaman Karakter Penalaran Matematis dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pola Pikir Induktif-Deduktif. Jurnal Fourier. 1(2), 53-62. https://doi.otg/10.14421/fourier.2012.12.53-62

OECD. (2016). “What Students Know and Can Do–Student Performance in Reading, Mathematics, and Science.” Online http://www.pisa.oecd.org/science.html. (Diakses Senint, 26 Juli 2021).

Olteanu, C. (2020). Programming, mathematical reasoning and sense-making. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 1–19. https://doi.org/10.1080/0020739x.2020.1858199

Putri, D K, Joko, S & Mira, A. Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementry Education, 3(3), 351-357. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Reily, D. N., & Andrews, G. (2017). Gender Differences in Spatial Ability: Implications for STEM Education and Approaches to Reducing the Gender Gap for Parents and Educator. Queensland: Springer Book.

Robbins, J. K. (2011). Problem solving, reasoning, and analytical thinking in a classroom environment. The Behavior Analyst Today, 12(1), 41–48. https://doi.org/10.1037/h0100710

Romli, M. (2012). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA dengan Kemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelsaikan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 145-157.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN ANtasari, 1(2), 33-44.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. MES. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Siregar, N. F. (2018). Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma, 6(2), 74-84.

Somantri, N. S., & Ramlah. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). MAJU, 8(1), 415–419

Somatanaya, A. G. (2017). Analisis Kemampuan Berfikir Nalar Matematis Serta Kontribusinya terhadap Prestasi Nelajar Mahasiswa (Studi Terhadap Mahasiswa FKIP Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi). Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA), 1(2), 55-62.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1-10.

Tohir, M. (2019). “Hasil PISA Indonesia pada Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015”. Jurnal online Researchgate. DOI:10.17605/)SF.IO/8Q9VY

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan KomunikasiMatematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1(1).

Yuni, Y, Darhim, D, & Turmudi, T. (2018). Peningkatan Berpikir Intuisi dan Penalaran Matematis Melalui Pembelajaran Inquiry Berbasis Open-Ended. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 107—126. https://dx.doi.org/10.31000/prima.v2i2.760

Yusdiana, B. I. & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Limit Fungsi. JPML – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1 (3), 409-414.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.