KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGI EMPAT

Nidya Mutiara Rizki, Haerudin Haerudin

Abstract


Abstrak : Kemampuan representasi adalah salah satu kemampuan matematis yang penting bagi siswa, karena sangat berguna untuk memahami dan menguasai materi atau konsep matematika, mengaitkan pengetahuan dasar matematika dengan materi yang dipelajari, dan memodelkan masalah kontekstual yang ada. Namun kenyataan di lapangan kemampuan representasi matematis siswa masih kurang, dan siswa belum mampu mencapai indikator kemampuan representasi matematis. Hal ini terjadi karena guru hanya memberikan pelajaran melalui buku teks dan contoh soal, dan soal-soal tersebut tidak bervariasi sehingga membuat siswa tidak terbiasa dengan latihan soal yang berbeda. Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk menguji kemampuan representasi matematis siswa SMP pada materi segi empat. Materi segi empat adalah salah satu materi yang ada di dalam pelajaran matematika, untuk dapat memahami materi segi empat dibutuhkannya kemampuan representasi matematis. Dalam penulisan artikel ini peneliti mencoba mendeksprisikan bagaimana masalah terkait kemampuan representasi matematis yaitu melibatkan gambar, ekspresi matematika dan kata-kata atau teks tertulis, kemudian mengklarifikasi masalah dan mengajukan solusi, serta mencitapkan situasi masalah berdasarkan informasi atau representasi data yang diberikan. Oleh karena itu, artikel ini menjelaskan bagaimana deskripsi representasi siswa dalam kemampuan representasi matematis materi segi empat. Peneliti menggunakan metode penelitian studi pustaka atau kajian pustaka, yang berisi tentang penelitian ilmiah yang berkitan dengan masalah yang penulis teliti. Dari hasil kajian pustka yang dilakukan peneliti, ditemukan bahwa kemampuan representasi matematis siswa pada materi segi empat masih kurang, terutama pada siswa dengan kemampuan awal rendah, mereka juga akan memiliki kemampuan representasi yang rendah. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mencari tahu bagaimana cara meningkatkan kemampuan representasi matematsi siswa SMP khususnya pada materi segi empat.

Kata kunci: Kemampuan representasi, segi empat, kajian pustaka.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aldela, Y.R., & Haerudin, H. (2019) Pemahaman Matematis Siswa SMP dengan Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Prosiding Sesiomadika, 2(1d).

Ariani, N. (2017). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) di Kelas VII SMP Negeri 1 Torgamba Tahun Pelajaran 2016/2017. SIGMA, 3(1), 38–48.

Arnidha, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. Jurnal E-DuMath, 2(1), 128–137.

Delfita, O., Hutapea, N. M., & Murni, A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1184–1196.

Hanifah, N., & Sutriyono. (2018). Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Ditinjau dari Perbedaan Gender. Maju : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 133–146.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika, 2(1), 85-99.

Merliza, P., Kurniawan, A., Ferdiyansyah, Islami, N., Rahmawati, R., & Adila, S. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas VIII B SMP Darul Ulum Sekampung. Math Educa Journal, 4(2), 144–156. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1665

Mulyaningsih, S., Marlina, R., & Effendi, S. N. K. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika. 2682 (1), 99–110.

Nurpadilah, E., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Kemampuan Representasi Matematik pada Materi Segi Empat Siswa SMP Kelas VII. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(4), 765–772.

Ontario Ministry of Education. (2020). Grades 1-8 Mathematics Curriculum Context. The Ontario Curriculum.

Panduwinata, B., Tuzzahra, R., Berlinda, K., & Widada, W. (2019). Analisis Kesulitan Representasi Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Pendidikan MatematikaRaflesia, 04(02), 202–210.

Purnama, R. N., Kusmaryono, I., & Basir, M. A. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Al Fattah Semarang. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 3(1), 3–5.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika IAIN Antasari, 01(2), 33–44.

Sujarweni, W. V. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryana, A. (2012). Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Lanjut (Advanced Mathematical Thinking) dalam Mata Kuliah Statistika Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, (November), 37–48.

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Syafri, F. S. (2017). Kemampuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49–55.

Wanti, Nopia dkk. 2017. Pembelajaran Induktif Pada Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa. Jurnal Analisa Vol. 3 No. 1.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Zhe, L. (2012). Survey of Primary Students’ Mathematical Representation Status and Study on the Teaching Model of Mathematical Representation. Journal of Mathematics Education, 5(1), 63–76.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.