ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS

Rina Novita, Ramlah Ramlah

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa kelas VIII pada materi SPLDV berdasarkan kemampuan awal siswa. Indikator Kemampuan Berpikir Kreatif yang digunakan ialah indikator kemampuan berpikir kreatif menurut Munandar terdiri dari (1) berpikir lancar, (2) berpikir luwes (fleksibel), (3) berpikir orisinal, (4) berpikir terperinci. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII di Lingkungan Kp.Selaeurih dengan jumlah siswa sebanyak tiga orang diantaranya siswa berkemampuan matematika sedang dan siswa berkemampuan matematika tinggi. Teknik pengambilan subjek yang dilakukan yaitu dengan mengunakan purposive sampling yang merupakan salah satu jenis probability sampling. Pengambilan teknik ini karena berdasarkan pertimbangan dari situasi dan kondisi pandemi covid-19.Teknik pengambilan data dilakukan dengan tes uraian mengenai materi SPLDV model TIMSS (Trends In International Mathematics And Science Study) dan wawancara. Wawancara dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa sedangkan teknik analisis data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa hanya mampu menyelesaikan soal berdasarkan tiga indikator kemampuan berpikir kreatif saja yakni berpikir lancar, berpikir luwes dan berfikir terperinci dan siswa belum mampu menyelesaikan soal berdasarkan pada indikator berpikir orisinal karena siswa cenderung kurang mampu dalam mengerjakan dan menyelesaikan soal dengan jawaban sendiri atau pemikiran sendiri mereka hanya mampu mengikuti cara penyelesaian soal SPLDV pada umumnya saja.Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa masih tergolong sedang dan hal tersebut diperkuat dengan hasil wawancara yang dilakukan kepada siswa yang menunjukkan bahwa kemampuan awal yang dimiliki oleh siswa tergolong sedang.

 

Kata-kata kunci: Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa, Kemampuan Awal ,SPLDV


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Darwanto. (2019). Hard Skills Matematik Siswa. Jurnal Eksponen ,9 (1), (21- 27).

La Moma. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 28 – 41.

Witri Lestari. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76- 84.

Prana, H., & Priarti, M. (2016). Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matmatika, 2(1), 37–44.

Rama, N. S., Abdul, M., Hasratuddin., & Ida, K. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan, 4(1), 56-62.

Muhamad, A. A., Rippi, M., & Wahyu, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3),239 248.

Sugianto., Fanny, H., & Junitasari3. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1678- 1688.

Evi, S,S., Adang, E., & Yoni, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.1(2).1-10.

Amidi, M., & Zuhair, Z. (2016). Membangun Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-Learning.

Yeyen, F., Yulia, D., & Siti, F. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Dengan Memanfaatkan Lingkungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Profit, 3(1), 12- 127.

Nelpita, U., Rahmi, P., Febria, N., & Aan, P. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Pendidikan Matematika,3(2), 227-237.

Rizal, A., Asep, K, J., & Isrok ‘Atun. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871-880.

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Suparman., & Dwi, N, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Bioedukasi, 3(2), 367-372.

Nababan, S. A., & Iskandar, I. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sma negeri 1 kualakabupaten nagan raya. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2).

Ikhsan, F., & Ekasatya, A, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107- 118.

Agung, F., & A, P, Budi, P. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Pembelajaran Creative Problem Solving Berpendekatan Scientific. Journal Of Mathematics Education Research, 5(2), 98-105.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.