Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel

Adinda Mulya Rizkiana, Attin Warmi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Berpikir kritis sangat diperlukan dalam matematika, terutama dalam mengerjakan soal-soal matematika. Seperti halnya pada materi persamaan linear satu variabel. Persamaan linear satu variabel adalah materi yang memerlukan penyelesaian cukup tinggi karena terdapat beberapa cara dalam proses penyelesaian soal-soal terutama guna menentukan dan menemukan nilai variabel yang dicari. Sehingga pada setiap materi tersebut siswa diharapkan benar-benar menguasai konsep yang diberikan. Konsep yang telah dipelajari akan berguna untuk mempelajari materi selanjutnya. Maka dari itu, peneliti dapat mengetahui sampai dimana tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal dengan cara yang sudah diajarkan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas VII-F di SMPN 1 Rawamerta. Rata – rata nilai total yang diperoleh dari siswa dikelas yang berkemampuan rendah 20 siswa, berkemampuan sedang 6 siswa kemampuan tinggi 5 siswa, dan kemampuan sangat tinggi 5 siswa.

 

Kata-kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Persamaan Linear Satu Variabel

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achmad, Arief. (2007). Memahami Berpikir Kritis. [online]. Tersedia: http://researchengines. com/1007arief3.html.

Atwood,M. (1990). Critical Thinking, Collaboration and Citizenship: Inventing a Framework Appropriate for Our Times.USA: Charles C Thomas, Publisher.

Depdikiknas. (2004). Petunjuk Pelaksanaan dan Pengelolaan Kurikulum. Jakarta: Depdiknas.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012), hal. 160.

Fisher, Alec. 2008. Berpikir Kritis; Sebuah Pengantar. Cambridge: Erlangga.

Glazer, Evan. 2001. Using Internet Primary Sources to Teach Critical Thinking Skills in Mathematics. Amerika: Greenwood Press.

Hasibuan, S. H & Surya. E. 2016. Analysis Of Critical Thinking Skills Class X Smk Patronage State North Sumatra Province Academic Year 2015/2016.(Jurnal Saung Guru: Vol. VIII No.2 April (2016))

Hasratuddin. 2010. MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA VOLUME 4. NO.2 DESEMBER 2010.

Ibrahim (2007). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP dalam Matematika melalui Pendekatan Advokasi dengan Penyajian Masalah Open-Ended. Tesis Sekolah Pasca Sarjana UPI. Bandung: Tidak dipublikasikan.

Julita. 2014. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik melalui Pembelajaran Pencapaian Konsep. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi, 27 November 2014. Bandung.

Kuswana, Wowo Sunaryo. 2011. Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Sumarmo, Utari, dkk. 2012. Kemampuan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematika (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think talk Write). Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 17-33.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Susiyati. 2014. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik dalam Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi, 27 November 2014. Bandung.

Suwarma, Dina Mayadiana. 2009. Suatu Alternatif Pembelajaran Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jakarta: Cakrawala Maha Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.