Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction pada Materi Bangun Datar Kelas VII SMP Swasta Silindak T.P. 2020/2021

Evania Sianturi, Haryati Ahda Nasution

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui model pembelajaran Project Based Leraning dengan model pembelajaran Problem Based Instruction. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VII SMP Swasta Silindak. Sampel ditetapkan dengan purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimet dengan melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen I (VIIA) dan kelas eksperimen II (VIIB). Kedua kelas diberikan pretest, kemudian diberikan perlakuan dikelas eksperimen I dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning sedangkan dikelas eksperimen II diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction. Setelah kedua kelas diberikan perlakuan maka diberikan posttest kepada kedua kelas. Hasil dari penelitian sebelum diberikan perlakuan maka kemampuan kedua kelas sama yaitu thitung< ttabel yaitu 1,43< 1,877 sedangkan setelah diberikan perlakuan maka thitung >ttabel yaitu 2,091> 1,877. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diaajr menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction. Model pembelajaran Project Based Learning lebih baik daripada model pembelajaran Problem Based Instruction untuk mempermudah dalam memahami konsep materi pelajaran.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran Project Based Learning, Problem Based Instruction dan pemahaman konsep.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aminah, S. (2012). Pengaruh Model Problem Based Instruction Terhadap Pemahaman Konsep Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 2 Bangkinang. Skripsi FTK, Universitas Islam Nusantara Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.

Aqib, Zainal dan Murtadlo, Ali. (2018). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Margahayu Permai, Bandung: PT. Sarana Tuturial Nurani Sejahtera.

Asri, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik. (Skripsi). FTK, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Asrul, dkk. (2014). Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Citapustaka Media

Diana, P., et all. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. Supremum Jurnal of Mathematics Education, 4(1), 24-32

Fathurrohman, M. (Ed.). (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Hasan, Iqbal. (2012). Pokok-Pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensif). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: MEDIA PERSADA.

Khikmah, A. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keaktifan Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Garis Dan Sudut Kelas Vii Mts Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Demak Tahun Pelajaran 2014/201. Skripsi FITK, Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.

Purba, A. (2020). Pemahaman Dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi FMIPA, UNIMED.

Ruqoyyah, S., et all (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep dan resiliensi Matematika dengan VBA Microsoft Excel. Purwakarta : CV. Tre Alea Jacta Pedagogie.

Sudjana. (2012). Metoda Statistika. Bandung : TARSITO.

Sujana. H. A., et all. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovatif: Teori dan Implementasi. Depok: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.

Suhendar, N. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dengan Metode Pembelajaran Thingking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Skripsi FITK, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Tanjung, H. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Sma Negeri 6 Padangsidimpuan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Berbantuan Autograph (Doctoral dissertation, UNIMED).

Nababan, s. A., & tanjung, h. S. Development of learning instrument based on realistic mathematics approach to improve mathematical disposition ability.

Tri, M., A. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Kreativitas Siswa. Skripsi FST, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Wulandari, Y., et all. (2018). Deskripsi Pemahaman Konsep Bangun Datar oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 03 Salatiga berkemampuan Rendah. MAJU, 5(2), 76-87

Yosi, N. A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Matemaika Siswa. Skripsi FKIP, Universitas Muslim Nusantara Al-washliyah, Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.