PENGARUH PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI SMP SWASTA PEMBANGUNAN DAERAH (PEMDA) LUBUK PAKAM T.P 2020/2021

Ninda Parwati, Saiful Bahri

Abstract


Abstrak. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang memperhatikan guru saat menjelaskan materi, siswa kurang memahami materi pokok pelajaran yang diberikan karena materinya terlalu sulit sehingga saat diberi soal siswa tidak dapat menyelesaikannya, siswa yang kurang aktif cenderung lamban dalam mengerjakan soal latihan yang akan menyebabkan rendahya nilai yang diperoleh siswa, sebagian siswa kurang tertarik dengan materi yang disampaikan, adanya kesulitan berhitung yang dialami siswa, masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam menggunakan alat peraga untuk memahami materi yang disampaikan, ada beberapa siswa yang kurang menguasai materi teorema pythagoras, siswa masi sibuk melakukan kegiatan sendiri dan ada siswa yang mengobrol dengan temannya pada saat guru menjelaskan materi pelajaran, metode pembelajaran yang digunakan kurang sesuai, terdapat beberapa kesulitan belajar yang dialami siswa, kemampuan pemahaman matematis siswa rendah, hasil belajar siswa mengenai materi teorema pythagoras rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan metode tanya jawab terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi teorema pythagoras di SMP Swasta Pembangunan Daerah (PEMDA) Lubuk Pakam T.P 2020/2021?. Prosedur pelaksanaan penelitian dengan menggunakan penelitian eksperimen atau percoban (eksperiemental research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam hasil uji hipotesis (uji-t) yang dilakukan pada kelas subjek penelitian diperoleh nilai thitung adalah 9,296. Hasil thitung selanjutnya dikonsultasikan dengan nilai ttabel yaitu 2,021. Berarti sesuai dengan kriteria penilaian diperoleh thitung > ttabel sehingga H1 diterima dan Ho ditolak

 

Kata Kunci: Metode tanya jawab, kesulitan belajar siswa berdasarkan kemampuan pemahaman matematis

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ag, Moch. Masykur dan Abdul Halim Fathani, 2012. Mathematical Intelligence: Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar, Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Ahmadi, Abu dan Agung Supriyono, 2015. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal dan Murtadlo, Ali, 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Satu Nusa.

Arifin,Zainal.2012,Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi.2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud, 2011, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati, Mahmud, 2016. Psikologi Pendidikan, Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Emilda Afrina Siregar, Jurnal Meningkatkan Keterampilan Bertanyan Dengan Menggunakan Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Pkn Siswa Kelas IV SD Jurusan PPSD Prodi PGSD FIP UNIMED.

Hamalik, Oemar. 2015. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara.

Heruman, 2012, Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hudojo, Herman, 2016. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas, Surabaya: Usana Offset Printing.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2015, Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Press.

Majid, Abdul, 2013. Strategi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakir, 2012. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kencana.

Mulyono. 2007, Diagnosa dan Pemecahan Kesulitan Belajar, Jakarta: Erlangga.

NK, Roestiyah. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Pitaloka, Y.D. 2013, Keefektifan Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2): 1-8.

Sudjana, Nana. 2015,Penelitian Proses Motivasi Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Sugiyono. 2017, Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif Kualitatif danR&D. Bandung: Alfabeta.

Tanjung, H. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Sma Negeri 6 Padangsidimpuan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Berbantuan Autograph (Doctoral dissertation, UNIMED).

Syah, Muhibbin, 2013, Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Syawiji, Kim Cakhyanyo 208. Pembelajaran Matematika pada Anak Usia Dini dalam Jurnal Pendidikan Islam STAIN Tulungagung, Kediri: Percetakan Sumenang.

Usman, Sumarmo, 2010. Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan Pada Peserta Didik, Jurnal FMIPA UPI Bandung.

Widdiharto, 2012, Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika dan Alternatif Proses Remidinya, Yogyakarta: PPPPTK.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.