DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG SISI DATAR

Rika Lestari, Kiki Nia Sania Effendi

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah yang dilakukan siswa kelas VIII pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII F di salah satu sekolah yang berada di Kabupaten Cirebon. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data yang melalui proses data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan Conclusions drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah yang dilakukan siswa, antara lain: 1) pada langkah memahami masalah masih banyak siswa yang tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan,2) Kesalahan menyusun rencana, pada langkah menyusun rencana masih banyak siswa yang kesulitan dalam menyusun langkah-langkah penyelesaian,3) Kesalahan melaksanakan rencana, pada langkah melaksanakan rencana siswa tidak menuliskan rumus, lupa atau salah menuliskan operasi dalam perhitungan, salah dalam menghitung, dan tidak menuliskan kesimpulan, dan 4) Kesalahan memeriksa kembali, pada langkah ini siswa tidak memeriksa kembali solusi yang diperoleh, dan kurang tepat memperoleh jawaban akhir.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bidasari, Febrina. (2017) Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Quantity Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang Vol. Ii, No. 1,

Fitria, N. F. N,. Hidayani, N . Hendriana, H & Amelia, R. (2018) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat. Edumatica Volume 08 Nomor 01 A.

Harahap, E. R. & Surya, Edy. (2017) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Seminar Nasional Matematika: Peran Alumni Matematika dalam Membangun Jejaring Kerja dan Peningkatan Kualitas Pendidikan, 6 Mei 2017, Fakultas Matematika Universitas Negeri Medan

Juliana,. Ekawati, Darma,. & Basir, Fahrul. (2017) Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Pedagogy Volume 2 Nomor 1.

Mahdayani, Risa. (2016) Analisis Kesulitan Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmetika, Aljabar, Statistika, Dan Geometri. Jurnal Pendas Mahakam.Vol.1 (1).86-98

Mayasari & Rosyana, T. (2019) Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kota Bandung Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 3, No. 1.

Pratiwi, Atika & Effendi, K,. N,. S (2019) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Sesiomadika 2019: prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, UNSIKA, 1 Oktober 2019 (hal. 304-314). Karawang: Singaperbangsa University Press..

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi. (Bandung:Alfabeta).

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Diakses: https://matematohir.wordpres.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018- turun-dibanding-tahun-2015/

Zulfah, Z. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Pendekatan Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Negeri Naumbai Kecamatan Kampar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1-12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.