ANALISI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SIWA SMP PADA MATERI BILANGAN BULAT

Ira Fitria Rahayu, Indrie Noor Aini

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Majalaya Karawang sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes uraian pada materi bilangan bulat untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa belum terpenuhi, bahkan tergolong rendah yaitu sebesar 40,83. Hal tersebut diperoleh dari  36 siswa yang mengerjakan tes, hanya  8 orang siswa yang termasuk kedalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 22,22%, kemudian 10 orang siswa pada kategori sedang dengan persentase sebesar 50%, dan 6 orang siswa termasuk kedalam kategori rendah dengan persentase sebesar 27,78%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah.

 

Kata-kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Bilangan Bulat, Kemampuan Matematis


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggraeni, R., & Herdiman, I. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Pada Materi Lingkaran Berbentuk Soal Kontekstual Ditinjau Dari Gender. Jurnal Numeracy, 5(April), 19–28.

Ansori, Y., & Herdiman, I. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 11–19.

Astutiani, R., Isnarto, & Hidayah, I. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Polya. Prociding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. https://doi.org/10.22219/mej.v1i1.4550

Dewi, H. D., Susanto, & Lestari, N. D. S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berstandar NCTM ( National Council of Teachers of Mathematics ) di Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) Kelas VII Pada Pokok Bahasan Statistika. Jurnal Edukasi, 2(3), 25–30.

Fadhillah, S., & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Metakognisi Matematis Dengan Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi Pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 587–593.

Gabriella, J., & Imami, A. I. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi SPLDV. MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 454–458.

Komarudin. (2016). Analisis Kesalahan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Peluang Berdasarkan High Order Thinking. Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, VIII(1), 202–217.

Parulian, R. A., Munandar, D. R., & Ruli, R. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Menyelesaikan Materi Bilangan Bulat Pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 345–354.

Rismawati, Nuriyah. 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Dalam Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA). Skripsi. Universitas Singaperbangsa Karawang: Tidak Diterbitkan

Rosmawati, L., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Pada Materi Bangun Datar Siswa Smp Kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 785. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p785-792

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan.

Wati, E. H., & Murtiyasa, B. (2016). Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis PISA Pada Konten Change Anda Relationship. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I), 199–209.

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.