Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Lingkaran Berbasis Macromedia Flash 8

Ganis Anjui Mulidias Amru, Dian Ariesta Yuwaningsih

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika materi lingkaran menggunakan Macromedia Flash 8 serta untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengambangan (RnD) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media dan respon peserta didik XI MIPA 1 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket respon peserta didik, dan wawancara. Tahap uji coba terdiri dari dua tahap yaitu uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. Uji coba skala kecil melibatkan 5 peserta didik, sedangkan uji coba skala besar melibatkan 25 peserta didik. Hasil penelitian ini menujukan bahwa nilai kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor rata-rata 37 dalam kategori baik, kelayakan oleh ahli media mendapatkan skor rata-rata 53,5 dalam kategori baik, dan uji kelayakan dari peserta didik mendapatkan skor rata-rata 57,96 dalam kategori baik. Dengan demikian media pembelajaran Macromedia Flash 8 yang dikembangkan oleh peneliti ini layak digunakan untuk proses pembelajaran.

 

Kata-kata kunci: lingkaran, media pembelajaran, Macromedia Flash.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Azizah, D. (2013). Eksperimentasi Pembelajaran Realistik ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Segiempat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 57–69.

De Porter, B., Reardon, M., & Singar, S. (2010). Quantum Teaching. Kaifa.

Maharani, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Operasi Bilangan Real SMK Teknologi dan Rekayasa. Jurnal Teori Dan Riset Matematika, 2(1), 1–10.

Sadiman, Sukadi, A., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatanya. Rajawali Press.

Saputra, V. H., & Permata. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Wacana Akademika, 2(2).

Sari, F. K., Farida, & Syazali, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) Berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 135–152.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Van De Walle, J. A. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah: Pengembangan Pengajaran (Alih Bahasa Suyono (ed.)). Erlangga.

Wandari, A., Kamid, & Maison. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri Berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 47–55.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.