PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI HOTS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Fani Mardiani, Indhira Asih Vivi. Y, Aan Subhan Pamungkas

Abstract


 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik berorientasi Higher Order Thinking Skills di kelas IV sekolah dasar. (2) respon guru terhadap Lembar Kerja Peserta Didik berorientasi Higher Order Thinking Skills di kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4-D (define, design,. develop, and disseminate). Penelitian dilaksanakan di SD Khusus Insan Harapan Jakarta Barat. Instrument yang digunakan berupa angket yaitu skala penilaian untuk mengetahui kelayakan LKPD dengan menggunakan skala likert yang disusun dalam bentuk checklist dari nilai terbesar 4 hingga nilai terkecil. Berdasarkan  hasil validasi yang dilakukan, hasil validasi ahli materi didapatkan rata-rata presentase sebesar 87% dengan kategori sangat layak, validasi ahli media sebesar 89% dengan kategori sangat layak dan rata-rata respon guru di SD Khusus Insan Harapan Jakarta Barat sebesar 99% sehingga LKPD berorientasi Higher Order Thinking Skill tersebut memiliki kriteria interpretasi sangat praktis.

 

Kata Kunci: LKPD, Higher Order Thinking Skill.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amri, dkk. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dan Kelas. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka.

Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Damayanti, D. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika.

Nugroho, A. (2018). HOTS (Higher Order Thinking Skills) Kemampuan Tingkat Tinggi Konsep, Pembelajaran, Penilaian, Penyusunan Soal Sesuai Hots. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Nurisan, J. (2013). Dinamika Perkembangan anak & Remaja Tinjauan Psikologi, Pendidikan dan Bimbingan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Prastiwi, S. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Biologi Berbasis Masalah Untuk Siswa Kelas X Pada Konsep Virus. Skripsi. FKIP: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Sugiyono. (2010). Merode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. (2014). Merode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.