EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA ONLINE ERA PANDEMI COVID-19 PADA MATEMATIKA

Eka Putri Melania, Lessa Roesdiana, Haerudin Haerudin

Abstract


Abstrak: Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memahami efektivitas memanfaatkan media online di era pandemi covid-19 pada matematika, penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif deskriptif yang terfokus pada media online pembelajaran matematika. Populasi penelitian ini adalah 153 orang  mahasiswa, pelajar SD, SMP, SMA dan SMK di wilayah pulau Jawa pada matematika khususnya terhadap mahasiswa pendidikan matematika Universitas Singaperbangsa Karawang. Menggunakan metode survey dengan tetap memperhatikan homogenitas. Untuk instrumen yang dibagikan kepada responden mengenakan kuesioner pembelajaran daring. Analisis data yang diperoleh jika pembelajaran matematika dalam memanfaatkan media online sebagai sarana sangat efektif (7%), paling besar respoden memilih efektif dengan nilai (75%), sebagian dari mereka menilai kurang efektif senilai (9%) dan beberapa lainnya menilai cukup efektif (9%) cara meningkatkan kualitas pembelajaran dengan cara sebagai berikut: (1) Ketika membagikan bahas ajar sebaiknya lebih diringkas ; (2) Memperkecil ukuran video ketika membagikannya pada aplikasi chatting atau youtobe untuk menghemat kuota; (3) Menggunakan kreatifitas seperti animasi dan bahasa yang mudah dimengerti pelajar atau mahasiswa; (4) Membagikan bahan ajar sebelum memulai aktivitas pembelajaran; (5) Menyebarkan soal kepada seluruh siswa dalam bentuk berbeda tiap orangnya; (6) Ketika mengerjakan harus diberikan cara penyelesaiannya tentang hasil yang didapat; (8) Tepat waktu ; (9) Memberikan pesan singkat jika ada tugas dihari sebelumnya; (10) Menurunkan tugas pelajar atau mahasiswa.

 

Kata-kata kunci: Media online, Pembelajaran dalam jaringan, Pandemi covid nineteen


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

ali sadikin, a. h. (2020). pembelajaran daring di tengah wabah covid-19. biodik: jurnal ilmiah pendidikan biologi, 214-224.

auliya, r. n. (2016). kecemasan matematika dan pemahaman matematis. jurnal ilmiah pendidikan mipa, 12-22. doi: https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748

aurora, a. &. (2019). pengaruh penggunaan media pembelajaran e-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa di universitas negeri padang. jtev (jurnal teknik elektro dan vokasional),, 05(02), 11–16.

bawelle, c. f. (2016). hubungan penggunaan smartphone dengan fungsi penglihatan pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas samratulangi manado angkatan 2016. jurnal e-biomedik, 0–5. doi:https://doi.org/10.35790/ebm.4.2.2016.14865.

chandrawati, s. r. (2010). pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran. jurnal cakrawala pendidikan, 8(2), 172–181.

elyas, a. h. (2018). penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran . jurnal warta edisi , 56.

fauziyah, i. (2020, maret 16). surat edaran menteri ketenagakerjaan republik indonesia. retrieved from hukum online indonesia: https://covid19.hukumonline.com/wp-content/uploads/2020/04/surat_edaran_menteri_ketenagakerjaan_nomor_m_2_hm_01_iii_2020_tahun_2020-2.pdf

gunawan, h. (2017). dasar-dasar metodologi penelitian pendidikan. bandung: fakultas tarbiyah dan keguruan uin sunan gunung djati.

hartanto, w. (2016). penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran. jurnal pendidikan ekonomi, 10(1), 1–18.

hendrastomo, g. (2008). dilema dan tantangan pembelajaran e-learning 1 the dilemma and the challenge of. majalah ilmiah pembelajaran, 4, 1–13.

ibrahim, d. s. (2014). pengaruh penggunaan e-learning terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa sd negeri tahunan yogyakarta. jurnal prima edukasia, 2(1), 66. doi: https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645

jatmiko, l. d. (2019, 6 3). ini penyebab internet di indonesia lambat. retrieved from bisnis.com: https://teknologi.bisnis.com/read/20190603/84/930266/ini-penyebab-internet-di-indonesia-lambat

maharani, n. &. (2019). penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. pendipa journal of science education, 3(3),167–173. doi:https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173.

mastura, r. s. (2020). dampak pandemi covid-19 terhadap proses pengajaran bagi guru dan siswa. jurnal studi guru dan pembelajaran, vol. 3, no. 2, 293. retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/download/293/293/

munandar, a. (2020, maret 30). penjelasan tentang covid 19. retrieved februari 08, 2021, from kompasiana: https://www.kompasiana.com/dangaris/5e821764d541df33b1388bc4/penjelasan-tentang-covid-19

nadziroh, f. (2017). analisa efektifitas sistem pembelajaran berbasis e-learning. jurnal ilmu komputer dan desain komunikasi visual (jikdiskomvis),, 2(1), 1–14.

puspitasari, p. s. (2018). pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap motivasi belajar mahasiswa ikip siliwangi. parole: jurnal pendidikan bahasa dan sastra indonesia,, 1(2), 227–232. doi:https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i2p%25p.243.

sianturi, s. r. (2018). meningkatkan motivasi belajar melalui evaluasi e-learning pada institusi keperawatan di jakarta dan depok. jurnal pendidikan keperawatan indonesia, 4(2).

sidabutar, l. a. (2019). analisis pengaruh game online mobile terhadap kesehatan mata pada mahasiswa fti uajy. sintak 2019, 402–410.

sobron a.n, b. r. (2020). persepsi siswa dalam studi pengaruh daring learning terhadap minat belajar ipa. scaffolding: jurnal pendidikan islam dan multikulturalisme, 37.

wardani, d. n. (2018). daya tarik pembelajaran di era 21 dengan blended learning. jurnal kajian teknologi pendidikan. jktp, 1(1), 13–18.

waryanto, n. h. (2006). on-line learning sebagai salah satu inovasi pembelajaran. pythagoras, 2(1), 10–23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.