ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI HIMPUNAN

Asih Asih, Adi Ihsan Imami

Abstract


Abstrak: Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP pada materi himpunan. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang populasinya adalah siswa di salah satu SMPN Karawang. Sampel yang digunakan sebanyak 37 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dengan 6 soal. Instrumen ini dibuat berdasarkan 6 indikator kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hasil yang di peroleh dari menganalisis penelitian ini menujukan bahwa siswa di salah satu SMPN di Karawang berada pada kategori sedang yaitu dengen presentase sebesar 48,65% dan yang menjawab sebanya 18 siswa.

 

Kata-kata kunci: Pemahaman Konsep, Matematika, Himpunan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

abidin, Z., & Purbawanto, S. (2015). Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Jurusan Audio Video Di Smk Negeri 4 Semarang. Edu Elektrika Journal, 4(1), 38–49.

Alamsyah, M. (2017). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Dasar Pada Siswa Kelas Viii Mtsn Balang-Balang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makasssar: Tidak Dipublis.

Arnidha, Y. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jpgmi: Jurnal Pendidikan, 3(1), 53–61.

Dewita, N. (2019). Upaya Merubah Matematika Sebagai Pelajaran Yang Menakutkan Menjadi Pelajaran Yang Menyenangkan Di Sman 1 Lawang Kidul. Dwija Inspira, 2(2), 201–208.

Kurniyah. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Accelerated Learning. Skripsi. Universitas Singaperbangsa: Tidak Dipublis.

Lestari, E. K., And Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama

Ningsih, Y. Lestari. (2016). No Titlekemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (Lam) Berbasis Teori Apos Pada Materi Turunan. Edumatica, 06(01), 1–8.

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ( Spldv ). Suska Journal Od Mathematics Education, 4(1), 9–16. Https://Doi.Org/10.24014/Sjme.V3i2.3897

Susanti, D., Hasan, B., & Relawati. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Take And Give Dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 17–20.

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.