STUDI KASUS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN SOAL TIMSS PADA MATERI BILANGAN

Annisa Kurniawati, Ramlah Ramlah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa SMP kelas VIII yang berdomisili di kabupaten bekasi dalam menyelesaikan soal operasi bilangan pada soal TIMSS.penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subyek siswa kelas VIII sebanyak 4 siswa.teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument test dan wawancara semi terstruktur.instrumen test yang digunakan berupa soal uraian singkat yang berasal dari soal TIMSS 2011,2015,2019 lembar tes tersebut berasal dari framework TIMSS international yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Teknik analisis data yang dilakukan peneliti adalah menggunakan analisis konten/isi jawaban siswa untuk melihat adanya kemampuan penalaran matematis dengan cara melihat jawaban yang telah diberikan pada lembar jawaban,lalu dilakukan analisis berdasarkan jawaban siswa serta disesuaikan dengan pedoman skor TIMSS.Tahap dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga tahap,yaitu :perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi.hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa SMP kelas VIII di Kabupaten Bekasi mendapatkan kategori rendah dominan.siswa yang kesulitan dalam kemampuan penalaran dikarenakan siswa belum dapat menemukan cara penyelesaian yang tepat serta menarik kesimpulan yang tepat.

Kata-kata kunci: kemampuan penalaran matematis,operasi bilangan, TIMSS,


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agasi, G. R., & Rudhito, M. A. (2014). Kemampuan siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal-Soal TIMSS Tipe Penalaran. prosiding seminar nasional sains dan pendidikan sains IX, 5, 879–888.

Anisah, Zulkardi, & Darmawijoyo. (2013). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Pada Konten Quantity Untuk Mengukur kemampuan penalaran matematis siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Penddidikan Matematika, V(1), 14–26. https://doi.org/https://doi.org/10.22342/jpm.5.1.333.

Annajmi. (2018). Kontribusi Disposisi Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Tambusai. EDUMATICA | Jurnal Pendidikan Matematika, 8(01), 1–8. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i01.4730

Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran Dan Self Confidence Siswa Sma Dalam Materi Peluang. Journal On Education, 1(1), 14–21.

Hidayat, W. (2017). Adversity Quotient Dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa Sma Dalam Pembelajaran Argument Driven inquiry pada materi turunan fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15–28.

Indriani, L. F., Yuliani, A., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Habits Of Mind Siswa SMP Dalam Materi Segiempat Dan Segitiga. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 4(2), 87. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.11999

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528

Jelita, L., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi kasus kemampuan penalaran matematissiswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal TIMSS. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SESIOMEDIKA), 803–808.

Nurkhaeriyyah, T. S., Rohaeti, E. E., & Yuliani, A. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Mts Di Kabupaten Cianjur Pada Materi Teorema Pythagoras. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 827. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p827-836

Ramlah, Bennu, S., & Baharudin, P. (2017). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS VII SMPN MODEL TERPADU MADANI. jurnal ilmiah pendidikan matematika, 1(2), 182–194.

Saparwadi, L., Purnawati, B., & Erlian, B. , P. (2017). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan Pada Bilangan Pecahan Dan Reversibilitas. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 60. https://doi.org/10.33474/jpm.v3i2.715

Wardhani, S., & Rumiati. (2011). Better Education through Reformed Management and Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP : Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: PPPPTK Matematika, 55.

Mullis, I. V. S., & Martin, M. O. (Eds.). (2017). TIMSS 2019 Assessment Frameworks. Retrieved from Boston College, TIMSS & PIRLS International Study Center website: http://timssandpirls.bc.edu/timss2019/frameworks/

Ina V.S. Mullis, Michael O. Martin, Editors, (2015) TIMSS Assessment Framework. Chestnut Hill : Boston College, 2013, pp.19-24

Ina V.S. Mullis, Michael O. Martin, (2007) TIMSS international mathematics report : Finding from IEA’s trends in international mathematics and science study at the fourth and eight grades Chestnut Hill : Boston College,2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.