ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL

Shinta Oktavianingsih, Attin Warmi

Abstract


Abstrak: Penelitian    ini    bertujuan    untuk    mendeskripsikan    hasil    analisis kemampuan  komunikasi  matematis  kelas X Mipa 5 di salah satu SMA Negeri di Cikarang Selatan tahun ajaran 2020/2021 di kabupaten Bekasi  dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV).Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA kelas X Mipa 5 yang terdiri dari 6 siswa yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu  menggunakan instrumen tes soal kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk uraian sebanyak 2 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan keterampilan komunikasi matematis masih kurang. Hal ini terlihat dari hasil rekapitulasi jawaban keseluruhan siswa yang menjawab benar sebanyak 24%, menjawab salah sebanyak 46%, dan tidak menjawab sebanyak 0%. Selain itu dapat dilihat dari hasil konversi skor siswa bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa berada pada kategori sangat rendah yaitu siswa yang mendapat nilai kurang dari 55 sebesar 50%.

Kata-kata kunci:Kemampuan Komunikasi, Komunikasi Matematis, Materi SPLTV.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achir, Y. S., Usodo, B., & Retiawan, R. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Paedagogia, 20(1), 78. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v20i1.16600

Arifani, N. H., Sunardi, & Setiawani, S. (2015). Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMP Kelas VIII di SMP Negeri 6 Jember, SMP Al Furqan 1, SMP Negeri 1 Rambipuji, dan SMP PGRI 1 Rambipuji. Jurnal Kadikma, 6(2), 159–172.

Artikasari, E. A., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuh Kembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Math Educator Nusantara, 3(2). https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.800

Deswita, R., & Kusumah, Y. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE dengan Pendekatan ScientificDeswita, R., & Kusumah, Y. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE dengan Pendekatan Scientifi. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 35.

Djidu, H., & Jailani. (2016). Aktivitas Pembelajaran Matematika yang Dapat Melatih Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 314.

Haji, S., & Abdullah, M. I. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Infinity Journal, 5(1), 42. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i1.p42-49

Kurnia, H. I., Royani, Y., Hendiana, H., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp Di Tinjau Dari Resiliensi Matematik. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 933–940. Retrieved from https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/1597/288

Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 704–709. https://doi.org/10.30738/.v6i2.2213

Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Journal On Education, 1(2), 344–352.

Rizqi, A. A. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Blended Learning Berbasis Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 191–202. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21457

Sari, S. M., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa ditinjau dari Self-Concept. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 71–77. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.22717

Setiyawan, R. D., Darmawan, P., & Prayekti, N. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal SPLTV ( Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel ). 31–43.

Sholihat, N. M., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan komunikasi matematis siswa smp kelas viii pada materi segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 77–85.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58–67.

Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Pada Materi Integral. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 49. https://doi.org/10.31000/prima.v1i1.254

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.2

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36

Yeubun, I. Z. S., Noornia, A., & Ambarwati, L. (2020). The Effect of Jigsaw Cooperative Learning Methods on Mathematical Communication Ability Viewed Based on Student Personality. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(4), 333–338. https://doi.org/10.30998/formatif.v9i4.4132

Yuli Kwartolo. (2010). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur, No 14, 15–22.

Yuniarti, Y. (2016). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(2), 109–114. https://doi.org/10.17509/eh.v6i2.4575


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.