ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MTS DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR

Irrene Inayati Akbar Hajj, Karunia Eka Lestari, Adi Ihsan Imami

Abstract


Abstrak: Riset ini dilakukan untuk menganalisa kemampuan komunikasi matematis siswa MTs pada materi bentuk aljabar. Populasi yang digunakan pada riset ini merupakan siswa kelas VIII di salah satu sekolah Subang dan 16 siswa yang dijadikan sampel. Tahap menganalisa kemampuan komunikasi matematis siswa dengan materi bentuk aljabar yaitu membagikan sebagian soal uji kemampuan komunikasi matematis dimana hasil pengerjaannya diberi skor yang sesuai dengan pedoman penskoran. Riset ini menggunakan 3 instrumen soal tes yang mencakup indikator kemampuan komunikasi matematis. Hasil analisisnya membuktikan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa memperoleh hasil yang cukup signifikan pada tiap-tiap indikator. Berdasarkan hasil presentase pada 3 soal diperoleh hasilnya diatas 75%, meskipun 2 soal memperoleh hasil presentase dibawah 75%.

 

Kata-kata kunci: ekspresi matematis, menggambar, menulis.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Wardhana, I.R., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 173-184.

Hikmawati, N N., Nurcahyono, N. A., & Balkist. P. S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus dan Balok. PRISMA, 8(1), 68-79.

Romlah, S., Kadarisma, G., & Setiawan, W. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Mutiara 1 Bandung Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal On Education, 1(2), 37-46.

Besti, D. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Ditinjau Dari Jenis Kelamin Siswa MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi IAIN Raden Intan Lampung. Lampung: Tidak diterbitkan.

Syafina, V., & Pujiastusi, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV. MAJU, 7(2), 118-125.

Yulianti., Purnama, Y. E., & Hidayat, W. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VII Pada Soal-Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. JPMI, 4(1), 73-80.

Hasina, A. N., Rohaeti, E. E., & Maya, R. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa SMP Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika. JPMI, 3(5), 575-586.

Saparudin, D., & Effendi, K. N. S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Peserta Didik SMP Kelas VII Terhadap Materi Bangun Dimensi Tiga. Jurnal Unsika: Sesiomadika, 687-694.

Damayanti, R. R., Zulkarnain, I., & Sari, A. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Quick On The Draw. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 54-61.

Susanti, M., Kurnia, H. I., & dkk. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Self-Concept. Jurnal LP3M, 4(2), 91-101.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.