ANALISIS KEMAMPUAN REPRESNTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII 2 DI SMP NEGERI SATU ATAP PEBAYURAN

Dini Siti Nurhaliza, Dani Firmansyah

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan reptesentasi matematis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas VIII 2 di SMP Negeri Satu Atap Pebayuran. Kemampuan representasi dapat mendukung siswa dalam memahami konsep-konsep matematika yang dipelajari dan keterkaitannya; untuk mengkomunikasian ide-ide matematis siswa; untuk lebih mengenal keterkaitan (koneksi) diantara konsep-konsep matematika; ataupun menerapkan matematika pada permasalahan matematik realistik melalui pemodelan. Representasi matematika dikelompokkan kedalam 3 bentuk, yaitu (1) representasi berupa diagram, grafik atau tabel, dan gambar; (2) persamaan atau ekspresi matematika; (3) kata-kata atau  tekstertulis.Pengumpulan data siswa dilakukan dengan teknik tes tertuliskemampuan representasi matametis pada materi bangun datar. Data hasil tes tertulis akan dianalisis secara kualitatif yang kemudian dideskripsikan untuk mendapatkan hasil penelitian yang valid. Penelitian ini menghasilkan deskripsi mengenai kemampuan representasi matematis siswa. Siswa masih keselitan dalam mengerjakan soal dan mempunyai kemampuan representasi matematis yang kurang.

 

Kata-kata kunci:Kemampuan Representasi Matematis Siswa.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amirul Hidayah, Etik. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis SiswaSMP Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis. Skripsi. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Aryanti, D., Zubaidah, & Nursangaji, A. (2015). Kemampuan Representasi Matematis Menurut Tingkat Kemampuan Siswa Pada MATERI Segi Empat Di SMP.

Erni Puji Astuti. (2017). Representasi Matematis Mahasiswa Calon Guru dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 70-82. http://dx.doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.100

Evi, S. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 79–85.

Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan Pbl Dan Ibl Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, Dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678

Fuad, M. N. (2016). Representasi Matematis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 145–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.5854

Hanifah, N., & Sutriyono. (2018). Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Maju, 5(1), 2579–4647.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.web.id

Mandur, K., & Dkk. (2013). Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi , dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Swasta di Kabupaten Manggarai. 2.

Marwan, S., & Duskri, M. (2017). Kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik Persamaan Linear Satu Variabel ( PLSV ), Pertidaksamaan Linear Satu. Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 51–69.

Nurdin, Muhammad. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 09(01), 9-22.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49

Syafri, F. S. (2017). Kemampuan representasi matematis dan kemampuan pembuktian matematika. Jurnal Edumath, 3(1), 49–55.

Widiati, I. (2015). Mengembangkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama melalui pembelajaran kontekstual. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(2), 106–111.

Yulia, N., & Surya, E. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika. (December).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.