ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ANALOGI MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL LIMAS

Hesti Nurhalimah, Haerudin Haerudin

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 34 siswa pada salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bekasi. Instrument yang digunakan pada penelitian ini yaitu instrument tes untuk mengukur kemampuan berpikir analogi matematis siswa pada materi limas. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasandiperoleh bahwa persentase siswa yang memiliki kemampuan berpikir analogi tinggi sebesar 5,9%, persentase siswa yang memiliki kategori sedang sebesar 79,4% dan persentase siswa yang memiliki kategori rendah sebesar 14,7%.

 

Kata-kata kunci:Kemampuan Berpikir Analogi, Soal Limas


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Azmi, M. P. (2017). Asosiasi Antara kemampuan Analogi dengan Komunikasi Matematik Siswa SMP. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 91-100.

Adiyanti, C. A., & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Terhadap Materi Persamaan Garis Lurus. Pros. Semin. Nas. Mat. Dan Pendidik. Mat. Sesiomadika, 2011, 560–566.

Marsitin, R. (2016). Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematis dalam Pembelajaran Matematika dengan Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 58-71.

Purwanti, R., Hartoyo, A., & Suratman, D. (2016). Kemampuan Penalaran Analogi Matematis Siswa SMP Dalam Materi Bangun Ruang. 5(10), 1–13.

Rahmawati. D I, Pala. R I. 2017. Kemampuan Penalaran Analogi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Euclid. Vol. 4, No. 2. 689-798.

Safrina, R. (2016). Analisis Proses Berpikir Analogi Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Materi Limas Dan Prisma Pada Siswa Kelas VIII MTsS Darul ’Ulum Banda Aceh.

Tanjung, Henra Saputra. "Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya." MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 6, no. 1 (2019).

Tanjung, Henra Saputra, and Siti Aminah Nababan. "Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang." Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3.1 (2018).

Sari, W., & Persada, A. R. (2013). Pengaruh Kemampuan Berpikir Aljabar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Kasus di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kaliwedi Kabupaten Cirebon). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 2(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v2i2.45

Siswono, T. Y. E. (2016). Proses Berpikir Analogi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 55–68.

Wahyuningtyas, R. (2017). Proses Berpikir Analogi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. 1–12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.